Instalasi Lampu Traffic Light ATCS (Area Traffic Control System)

Instalasi Traffic Lamp ǀ Titik penempatan lampu merah tidak dapat sembarang tempat, perlu kajian khusus sebelum instalasi traffic lamp. Penataan ulang pada satu persimpangan mengubah pola arus keluar dari setiap kaki persimpangan. Mempengaruhi ritme arus lalu lintas ruas jalan lain menyebabkan tundaan pada persimpangan lain. Area Traffic Control System (ATCS) sebuah pengendalian lalu lintas menyelaraskan waktu lampu merah.

Pengaturan lalu lintas dengan sistem ini membutuhkan parameter jumlah kendaraan dan waktu tempuh. Sistem pengaturan lalu lintas bersinyal koordinasi mencakup satu wilayah secara terpusat. Upaya manajemen rekayasa lalu lintas mengkoordinasikan semua titik persimpangan melalui pusat kontrol ATCS. Suatu kondisi pergerakan lalu lintas secara efisien telah banyak diterapkan berbagai kota besar.

Komponen Sistem Kontol ATCS

Penataan siklus lampu lalu lintas dengan ATCS dilakukan berdasar input data lalu lintas. Secara real time melalui kamera cctv pemantauan lalu lintas pada titik-titik persimpangan. Penentuan waktu siklus lampu persimpangan diubah berulang kali dalam satu hari sesuai kebutuhan. Pengoperasian ATCS diatur dalam sistem kontrol terpadu melibatkan komponen antara lain:

  1. Pengatur arus persimpangan lampu lalu lintas.
  2. Input data lalu lintas berupa kamera cctv pemantau.
  3. Pengiriman data berupa jaringan kabel data atau pemancar gelombang.
  4. Sistem soffware ATCS.
  5. Operator ruang kontrol ATCS.

Instalasi traffic lamp memakai waktu tertentu dengan panel surya sebagai sumber daya menghidupkan lampu. Kebanyakan lampu lalu lintas dirancang menggunakan mikrokontroler memakai rangkaian elektronika digital yang sederhana. Kelebihan dari rangkaian digital traffic lamp harga relatif terjangkau, proses pembuatan tidak rumit. Pemahaman karekteristik dalam komponen elektronik yang dimiliki prinsip kerja dari rangkaian listrik tersebut.

Fungsi Instalasi Traffic Lamp

Terdapat beberapa fungsi instalasi traffic lamp yang perlu diketahui yaitu:

Menjaga arus lalu lintas

Memiliki prinsip kerja dari rangkaian listrik guna menjaga arus lalu lintas agar aman. Pengaturan waktu perjalanan dirancang guna menjaga pejalan kaki dengan terdapatnya rambu dan traffic lamp.

Minimalisir frekuensi kecelakaan

Instalasi traffic lamp berperan membatasi jumlah intensitas terjadinya kecelakaan yang memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Minimalisir kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja pada situasi ini kecepatan merancang rangkaian listrik. Pemahaman beberapa fungsi instalasi traffic lamp menjaga keselamatan pengendara maupun pejalan kaki yang melintas.

instalasi traffic lamp

Rangkaian Listrik Sederhana

Sebuah perangkat elektronik sebagai petunjuk jalan rangkaian paralel yang menyala secara bergantian. Rangkaian paralel lebih dari satu jalur dilalui arus listrik membagi tegangan beberapa jalur. Lampu disusun secara bercabang atau paralel terdapat tiga jalur listrik dalam rangkaian paralelnya.

Instalasi traffic lamp tidak menggunakan rangkaian seri karena tidak dapat menyalakan hanya satu lampu saja. Ketiga lampu dalam jalur yang sama, sehingga ketika arus listrik masuk maka ketiga lampu akan menyala. Sedangkan rangkaian paralel bahwa ketiga lampu dapat menyala tanpa mempengaruhi satu sama lain. Pergantian nyala lampu dibantu oleh saklar listrik bahwa perangkat membuka dan menutup rangkaian listrik.

Rangkaian listrik sederhana bahwa saklar dapat ditekan secara manual, namun pada lampu lalu lintas pengaturan nyala lampu secara otomatis. Setiap lampu dapat menyala secara bergantian yang masing-masing lampu mempunyai arus berbeda. Alat yang mengatur lampu agar dapat menyala secara bergantian disebut kontroler. Rangkaian paralel lampu lalu lintas dilakukan secara bergilir karena terdapat pemotongan arus listrik.

Prinsip kerja intalasi traffic lamp berbasis sistem Automatics Traffic Control System) yang menentukan berapa lama lampu menyala. Lamanya lampu didasarkan pada kepadatan kendaraan yang terjadi saat itu. Pada umumnya lampu lalu lintas dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik. Namun perkembangan teknologi saat ini lampu lalu lintas dioperasikan dengan menggunakan tenaga matahari.

PT DCT Total Solutions perusahaan rekomendasi instalasi traffic lamp berkualitas, untuk lebih detailnya dapat menghubungi nomor 021-824-24-888 atau WA 0899-0288-888.