Konsultan IT: Peran dan Tanggung Jawab Pada Sebuah Perusahaan

Konsultan IT adalah mereka yang membantu bisnis atau perorangan untuk mengatasi masalah yang terkait teknologi dan meningkatkan kinerja melalui teknologi. Konsultan tidak hanya harus ahli di bidang pekerjaannya tetapi juga memiliki keahlian berkomunikasi dan keterampilan organisasi.

Peran Konsultan IT

Bersama dengan klien, konsultan akan memberikan saran dan masukan menggunakan teknologi yang harapannya memenuhi tujuan bisnis perusahaan. Selain itu, saran dan masukan ini juga diharapkan dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Oleh karena permasalahan teknologi bukan menjadi sesuatu yang dipahami banyak orang, maka konsultan harus bisa menjelaskan dengan baik. Cara penjelasannya tentu dengan bahasa yang bisa dipahami oleh orang awam.

Tak hanya itu, juga bertugas untuk meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT yang berada di sebuah perusahaan atau organisasi. Jika ditemukan adanya kendala, maka para konsultan ini yang harus mencari jalan keluar terbaik untuk permasalahan tersebut.

Tanggung Jawab

Terdapat beberapa tanggung jawab konsultan yang wajib diketahui, yaitu:

  • Bertemu dengan klien untuk membicarakan persyaratan yang diperlukan
  • Bekerja dengan klien untuk menentukan ruang lingkup pekerjaan sebuah proyek
  • Merencanakan rentang waktu dan sumber daya yang diperlukan
  • Memperjelas spesifikasi sistem milik klien, memahami praktik kerja dan bisnis yang dijalankan oleh klien
  • Menentukan syarat dan kebutuhan dari software, hardware, dan jaringan
  • Menganalisis persyaratan teknologi dalam perusahaan dan memberikan saran yang objektif terhadap penggunaan teknologi
  • Memberikan solusi dalam bentuk laporan
  • Mendesain, menguji, melakukan install, serta memantau sistem baru

Menjadi seorang konsultan artinya siap untuk memberikan solusi dan meningkatkan performa teknologi yang berada di suatu perusahaan atau klien. Wajib memiliki skill komunikasi, bekerja sama dengan tim, dan mampu memecahkan masalah dengan baik. Karena seorang konsultan tidak hanya bekerja sendiri, tetapi bersama dengan orang lain.

Selain itu, konsultan juga harus cepat belajar dan mampu mengambil keputusan yang terbaik untuk suatu masalah. Dan yang paling penting, mereka wajib memberikan ketenangan kepada perusahaan maupun klien. Karena itu, sebelum memberikan solusi dan ketenangan kepada klien, maka seorang konsultan harus lebih dulu bersikap tenang terhadap segala kemungkinan yang terjadi di lapangan.

DCT memberikan layanan terbaik di bidang IT solutions, DCT juga memiliki tenaga ahli profesional, handal, dan berpengalaman. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa DCT dan tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda berminat untuk menggunakan jasa DCT, dapat mengunjungi kantor PT. DCT di Rukan Griya Alifa Blok D-2 Jl. Pulo Ribung Raya, Jaka Setia Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat atau hubungi nomor 021-824-24-888 atau WA ke nomor 0899-0288-888. Anda juga bisa kunjungi laman dct.co.id atau griyasafety.com.