Mengenal Jasa Pasang Traffic Lamp dan Portofolionya

Jasa Pasang Traffic Lamp ǀ Apabila mencari jasa pasang traffic lamp dapat memilih PT DCT Total Solutions yang tentu lebih berpengalaman. Berbagai proyek telah ditangani oleh PT DCT Total Solutions dan telah banyak klien. Tenaga kerja yang profesional mengutamakan kualitas dengan hasil kerja maksimal menjadi andalan DCT.

Mengenal Jasa Pasang Traffic Lamp PT DCT Total Solutions

Jasa pasang traffic lamp telah dijalankan PT DCT Total Solutions pada tahun 2022. Klien PT Lintas Marga Sedaya yang berlokasi di Subang untuk proyek pekerjaan instalasi customize traffic lamp. Traffic lamp secara sederhana sebagai lampu jalan dengan tiga buah lampu yang berderet. Pemasangan traffic lamp sebagai upaya pengaturan persimpangan dan perempatan jalan dengan pertimbangan yaitu:

  1. Tundaan lebih atau sama dengan 30 detik selama delapan jam dalam sehari;
  2. Arus kendaraan dari masing-masing arah lebih atau sama dengan 750 kendaraan per jam dalam sehari;
  3. Pejalan kaki dari masing-masing arah lebih atau sama dengan 175 orang per jam selama sehari;
  4. Kecelakaan terjadi lebih atau sama dengan 5 kejadian per tahun.

Apabila persyaratan tersebut di atas tidak terpenuhi, maka pemasangan traffic lamp dianggap tidak layak dan jika dipaksakan:

  1. Terjadi pemborosan biaya pengadaan yang cukup mahal;
  2. Penundaan yang tidak perlu pada jalan utama;
  3. Ketidakpatuhan pengemudi karena dirasak tidak memerlukan dan tidak berguna pemasangan tersebut;
  4. Kapasitas yang dikurangi.

Jenis Sistem Pengaturan Traffic Lamp

Terdapat beberapa jenis sistem pengaturan traffic lamp yang dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu:

Pretime Controller

Sistem pengaturan waktu tetap seperti lama waktu siklus, phase, waktu disetel secara bergantian sepanjang hari. Variasi arus lalu lintas yang masih dalam koridor sistem tanpa adanya penundaan atau kemacetan. Keuntungan dalam memakai sistem pretime controller adalah:

  • Diseting secara tetap seperti lamanya siklus, waktu hijau dan lain sebagainya. Adanya koordinasi pada setiap persimpangan karena adanya penundaan akibat terhenti.
  • Kerja alat tidak terpengaruh pergerakan kendaraan dari arah terdekat yang merugikan pihak lain akibat mobil berhenti.
  • Akan lebih tepat jika dioperasikan pada suatu persimpangan dengan jumlah pedestrian besar.
  • Semiactuated Controller

Sistem yang didesain agar lampu hijau pada jalan utama sepanjang hari selalu menyala. Lampu hijau akan berubah merah jika detektor jalan minor dalam menangkap sinyal kendaraan yang hendak masuki persimpangan. Pengoperasian waktu siklus panjang dan bervariasinya siklus hijau ke berikutnya sesuai arus demand.

Fully Actuated Controller

Sistem ini seluruh kaki simpang dipasang detektor, lain halnya dengan semiactuated  controller detektor hanya dipasang pada jalan minor saja. Arus kendaraan sepanjang hari bervariasi karena bersifat responsif pada kebutuhan atau kondisi lalu lintas. Panjang waktu siklus dan variasi siklus hijau dari satu ke berikutnya sesuai arus demand. Secara umum siklus sistem ini maksimum waktu hijau dan tiap phase diberikan minimum.

Detektor diletakkan di bawah permukaan jalan dan kadang pada tiang lampu sinyal. Biasa mempergunakan inductive loop detektor (kumparan induktif), magnetometer dan microwave detektor (detektor gelombang mikro). Inductive loop detektor yang lebih umum dipakai dengan prinsip kerja kumparan dari kawat metal yang ditanam perkerasan, ditutup dengan pengisi epoxy.

Setiap kendaraan yang lewat di atas detektor, akan merubah induksi menjadi kumparan sehingga secara otomatis menghitung jumlah kendaraan. Keuntungan yang didapat dari menggunakan sistem ini adalah:

  • Efisien dipakai persimpangan pada fluktuasi arus lalu lintas tidak dapat diatasi dan diprogram secara pretime controler.
  • Efisien diterapkan pada kompleks persimpangan.
  • Efisien bagi jalan utama maupun minor karena waktu hijau terjadi hanya jika dibutuhkan oleh arus minor atau pejalan kaki.
  • Efisien pada lokasi persimpangan yang tidak menguntungkan.
  • Menguntungkan jika operasi menerus tanpa membutuhkan jalan utama.
  • Alokasi diterapkan saat lampu kontrol lalu lintas hanya diperlukan waktu singkat dalam sehari.
  • Sistem ini secara umum meminimalkan penundaan dengan bervariasinya arus demand.

Arti Rambu Lalu Lintas Yang Ada Pada Traffic Lamp

  1. Jalan Utama, yaitu persimpangan yang memiliki arus lalu lintas lebih besar dan mewujudkan bentuk geometrik yang lebih lebar.
  2. Jalan Minor, arah terdekat dari persimpangan dengan arus lalu lintas lebih kecil dan bentuk geometrik yang lebih sempit.
  3. Siklus waktu, jumlah waktu yang dibutuhkan sekali putaran dari sinyal pada persimpangan.
  4. Phase, waktu siklus yang dialokasikan pada lalu lintas sembarang tempat untuk pergerakan.
  5. Waktu Antara, total waktu periode.
  6. Waktu Hijau, suatu pendekatan waktu nyala hijau.
  7. Waktu Hijau Efektif, waktu pergerakan dalam satu phase yang efektif diijinkan.
  8. Waktu Hilang, waktu tidak efektinya pergerakan yang terjadi selama waktu antara dan awal phase dalam antrian keterlambatan.
  9. Waktu Merah Efektif, waktu efektif yang tidak diijinkan yaitu panjang siklus dikurangi waktu hijau efektif pada phase tertentu.

PT DCT Total Solutions berusaha memberikan hasil kerja dan produk terbaik sebagai bentuk kepercayaan. Tenaga ahli profesional dan berpengalaman dalam bidang rancang bangun, desain, konsultasi, analisis dan pelaksanaan di lapangan. Berusaha memberikan after sales support secara maksimal dan fast respons sebagai bentuk pelayanan jasa pasang traffic lamp. Untuk lebih detailnya dapat menghubungi PT DCT Total Solutions sebagai perusahaan yang bergerak di bidang netwoking, IT contraktor daan toll equipment pada nomor 021-824-24-888 atau email info@dct.co.id.