Manfaat Memakai Panel PLTS Untuk Berbagai Skala Industri

Manfaat Memakai Panel PLTS ǀ Kurangnya wawasan pemahaman pemasangan panel PLTS jarang diaplikasikan sehingga belum merasakan manfaat bagi beberapa skala industri.Sebagian menganggap PLTS merepotkan daripada membeli listrik langsung dari PLN dikarenakan memasang sendiri. Terlebih minimnya tenaga berkompeten menyiapkan seluruh instalasinya membangun instakasi panel surya di Indonesia. Pemerintah mensosialisasikan manfaat PLTS bagi industri seperti mall, kawasan industri produksi, dan proyek konstruksi.

Apa Itu Panel PLTS dan Manfaatnya

Panel PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) adalah sistem pembangkit listrik yang memanfaatkan sel surya (otovoltaik) untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik secara langsung dengan menggunakan efek fotolistrik.

Semakin banyak menyadari manfaat PLTS bagi industri, maka akan tertarik beralih ke tenaga surya. Kategori industri menjadi sasaran pemerintah semakin gencar mensosialisasikan manfaat PLTS ke berbagai wilayah di Indonesia. Manfaat memakai panel PLTS untuk berbagai proyek dalam berbagai skala industri termasuk proyek konstruksi yaitu:

Hemat biaya listrik

Manfaat memasang panel surya berarti memproduksi listrik dengan pemakaian listrik PLN lebih sedikit. Konsumsi listrik untuk aktivitas industri tergolong besar, sehingga kebutuhan energinya juga termasuk tinggi. Manfaat PLTS mulai terasa pada bulan pertama pemakaian, dilihat nilai nominal tagihan PLN.

Mencegah pemanasan global

Manfaat PLTS bagi industri mengurangi pemanasan global dengan tidak menghasilkan gas emisi karbon. Proses panel surya menyerap energi sinar matahari menghasilkan listrik, industri beralih tenaga surya.

Semakin banyak industri beralih tenaga surya dalam memenuhi kebutuhan listrik, demikian pula kontribusinya.

Mendukung program energi terbarukan

Berpartisipasi membangun instalasi PLTS pada perusahaan atau gedung dimilikinya menyukseskan program energi baru. Kampanye program dengan mengaplikasikan secara nyata melalui instalasi panel surya pada perusahaannya. Tergugahnya pelaku usaha memasang panel surya dan merasakan manfaat PLTS bagi industri dimilikinya.

Peralihan sumber energi

Penggunaan panel surya secara tidak langsung memberikan edukasi pada masyarakat dengan energi baru. Pengaplikasian panel surya dilakukan pada tempat strategis seperti gedung sekolah dan perkantoran pemerintah. Hal ini mengajarkan energi sinar matahari sebagai alternatif lebih baik memenuhi kebutuhan listrik.

Pemerintah sedang mencoba mempermudah birokrasi perizinan pembangunan pemasangan PLTS rumah tangga dan industri. Mendorong dan memfasilitasi penelitian dan pengadaan instalasi panel surya produksi sendiri tanpa mengimpor. Mengharapkan semakin mapan ekosistem pemasangan intalasi pembangkit listrik surya PLTS dengan harga terjangkau. Mulai merencanakan pemasangan panel surya pada bangunan perusahaan kantor maupun pabrik sesuai kebutuhan.

Hal ini menjadi salah satu investasi terbaik bagi perusahaan dengan mendukung penghematan listrik. Semakin banyak yang mulai beralih menggunakan salah satu sumber energi alternatif yaitu PLTS. Pembangkit listrik ini menjadi solusi terbaik industri maupun rumah tangga yang ingin hemat.

Prinsip dan Cara Kerja Panel PLTS

Pengguna listrik konvensional mulai beralih menggunakan PLTS dan waktu ke waktu semakin bertambah. Prinsip kerja panel PLTS menggunakan dua metode yaitu:

  1. Fotovoltaik, mengubah energi sinar matahari menjadi listrik secara langsung menggunakan efek fotolistrik.
  2. Pemusatan energi surya, menggunakan lensa maupun cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak. Agar dapat fokus ke energi matahari dalam satu titik menggerakkan mesin panas atau kalori.

Pembangkit listrik yang memanfaatkan energi sinar matahari guna menghasilkan energi listrik. Komponen utama PLTS yaitu panel surya fotovoltaik mengkonversikan energi matahari menjadi energi lstrik. Panel surya fotovoltaik menghasilkan arus listrik searah (DC) membutuhkan komponen lain inverter. Inverter ini guna mengkonversi arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak balik (AC).

Potensi Perkembangan PLTS di Indonesia

Semakin banyak masyarakat yang menggabungkan energi listrik konvensional dengan energi alternatif tenaga surya. Selain diminati skala perumahan dan mulai banyak diminati oleh skala industri atau pabrik. Biaya listrik terus meningkat dengan tagihan biaya membengkak penghematannya dengan pemasangan panel PLTS. Penghematan biaya dan energi membuat banyak mengaplikasikan PLTS untuk kebutuhan industri atau pabrik.

Pemerintah mulai menggunakan energi terbarukan pembangkit listrik tenaga surya mendukung program pembangunan infrastruktur. Belum banyak akses listrik merata di desa menggunakan energi alternatif dari tenaga surya. Mendukung energi terbarukan ini pemerintah mulai menggunakan energi alternatif sinar matahari dalam kebutuhan pabrik. Menggunakan energi surya panel PLTS guna penerangan outdoor sehingga anggaran dapat lebih hemat.

Berdasar peraturan yang berlaku, instalasi panel PLTS dilakukan badan usaha yang telah terdaftar resmi. PT DCT Total Solutions membantu pelaku bisnis dan industri dalam kebutuhan instalasi PLTS. PT DCT Total Solutions membuka layanan jasa instalasi panel PLTS langsung menghubungi ke nomor 021-824-24-888 atau WA 0899-0288-888.