Cara-Kerja-Palang-Pintu-Parkir-Otomatis_ALB

Cara Kerja Palang Pintu Parkir Otomatis

Mungkin kita sering kali melihat palang pintu parkir otomatis di tempat-tempat umum seperti mall, gedung perkantoran, atau stasiun kereta api. Namun, tahukah kamu bagaimana sebenarnya cara kerja dari palang pintu tersebut? Di dalam blog post ini, kita akan membahas secara detail mengenai teknologi dan sistem yang digunakan pada palang pintu parkir otomatis. Yuk simak!

Jenis-jenis Palang Pintu Otomatis

1. Palang Pintu Tipe Swing

Palang pintu jenis ini mirip dengan palang pintu rumah pada umumnya. Hanya saja, palang pintu tipe swing ini dapat bergerak secara otomatis. Saat akan memasuki gedung atau ruangan tertentu, maka Anda hanya perlu menekan tombol yang ada di panel kontrol, dan palang pintu akan langsung terbuka. Setelah masuk ke dalam ruangan, palang pintu akan langsung tertutup secara otomatis.

2. Palang Pintu Tipe Sliding

Palang pintu jenis ini bergerak dengan cara menslide atau geser. Biasanya, palang pintu tipe sliding digunakan untuk parkiran mobil atau gedung-gedung bertingkat tinggi. Untuk membuka dan menutupnya, Anda juga hanya perlu menekan tombol yang ada di panel kontrol. Kelebihan dari palang pintu tipe sliding ini adalah tidak membutuhkan banyak ruang untuk membukanya.

3. Palang Pintu Tipe Roller

Palang pintu jenis ini lebih fleksibel dibandingkan jenis-jenis palang pintu lainnya, karena dapat mengikuti bentuk atau model desain pintu. Palang pintu tipe roller ini biasanya digunakan di daerah yang memiliki iklim dingin, seperti di negara-negara Skandinavia, karena tidak akan terpengaruh oleh angin kencang dan hujan salju. Kelebihan lainnya adalah, Anda tidak perlu menggunakan banyak ruangan untuk membuka dan menutupnya.

4. Palang Pintu Tipe Teleskop

Palang pintu jenis ini mirip dengan palang pintu tipe sliding, hanya saja terdapat bagian tambahan berbentuk teleskop yang dapat mengatur panjangnya. Palang pintu tipe teleskop ini cocok digunakan di area yang memiliki ruangan dengan luasan yang berbeda-beda. Dengan adanya bagian teleskop ini, maka palang pintu akan otomatis menyesuaikan panjangnya sesuai dengan luas ruangan tersebut.

5. Palang Pintu Tipe Roller Shutter

Palang pintu jenis ini hampir sama dengan palang pintu tipe roller, hanya saja terdapat bagian yang berbentuk gorden yang dapat menutup dan membuka pintu otomatis. Palang pintu tipe roller shutter ini banyak digunakan di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, maupun rumah sakit. Kelebihannya adalah mampu menahan angin kencang dan juga mencegah pembobolan oleh para pencuri.

Bagaimana Cara Kerja Palang Pintu Parkir Otomatis?

Palang pintu parkir otomatis adalah sebuah perangkat yang dirancang untuk membuka dan menutup pintu parkir secara otomatis. Perangkat ini biasanya terpasang di luar gedung atau bangunan untuk memberikan akses ke area parkir. Palang pintu parkir otomatis dapat digunakan dengan berbagai macam kendaraan, seperti mobil, bus, dan truk.

Palang pintu parkir otomatis biasanya dilengkapi dengan sebuah kontrol panel yang dapat digunakan untuk mengatur waktu pembukaan dan penutupan pintu. Kontrol panel ini juga dilengkapi dengan sebuah tombol emergency stop yang dapat digunakan untuk menghentikan operasi palang pintu ketika terjadi kecelakaan atau gangguan lainnya.

Ketika seseorang menekan tombol pada kontrol panel, palang pintu parkir otomatis akan membuka dan menutup pintu secara otomatis. Pintu akan terus bergerak sampai ia mencapai posisi terakhir. Kontrol panel juga dapat digunakan untuk mengatur waktu pembukaan dan penutupan pintu. Setelah itu, orang yang ingin masuk atau keluar harus melalui palang pintu parkir yang telah disetting oleh kontrol panel.

Apakah Palang Pintu Parkir Otomatis Aman?

Tidak semua orang menyadari bahwa palang pintu parkir otomatis sebenarnya sangat aman. Hal ini disebabkan karena sistem penutupan dan pembukaan palang pintu dilakukan secara otomatis oleh mesin. Oleh karena itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan akan terjadinya kecelakaan ataupun gangguan ketika menggunakannya.

Palang pintu parkir otomatis juga cukup aman karena mereka telah dibersihkan secara rutin dan terus diperbarui. Sistem keamanan yang terpasang pada palang pintu parkir ini dapat memastikan bahwa para pengguna hanya akan mendapatkan akses untuk masuk dan keluar area parkir yang sesuai dengan aturan.

Kelebihan Palang Pintu Otomatis di Jalan Tol

Kelebihan utama palang pintu otomatis adalah kenyamanan dan keamanannya. Palang pintu otomatis akan membuka dan menutup pintu secara otomatis sehingga tidak perlu khawatir dengan hal itu. Pintu otomatis juga dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, seperti ketika seseorang terjatuh dari tangga atau berada di jalan raya. Selain itu, palang pintu otomatis parkir juga dapat membuat Anda lebih mudah untuk masuk dan keluar dari tempat parkir.

Kiat Memilih Palang Pintu Otomatis yang Berkualitas

Saat ini, terdapat banyak sekali pilihan palang pintu otomatis di pasaran. Mulai dari yang sederhana hingga yang canggih, semuanya ditawarkan dengan harga yang beragam. Untuk memudahkan dalam memilihnya, berikut adalah beberapa kiat yang bisa Anda coba:

1. Pertimbangkan Kebutuhan

Sebelum memilih palang pintu otomatis, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan. Misalnya, jika ingin menggunakannya untuk rumah tinggal maka cukup pilihlah yang sederhana dan tidak terlalu mahal. Sedangkan jika untuk gedung perkantoran atau bisnis lainnya, maka perlu dipilih yang lebih canggih dan berkualitas agar lebih awet dan tahan lama.

2. Baca Label dengan Seksama

Setelah menentukan jenis palang pintu otomatis yang cocok untuk Anda, selanjutnya perhatikanlah label yang tertera pada produk. Baca dengan seksama untuk mengetahui komponen dan spesifikasinya agar mengetahui apakah itu sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

3. Cari Penawaran Terbaik

Setelah menentukan jenis palang pintu otomatis yang ingin dibeli, pastikan untuk membandingkan harganya di toko atau situs berbeda. Hal ini akan membantu dalam mendapatkan harga terbaik dan tentunya cocok dengan budget yang dimiliki.

4. Jangan Lupa Berkonsultasi

Jika semua kiat di atas sudah dilakukan namun masih merasa ragu, maka jangan ragu untuk berkonsultasi kepada ahlinya. Ini penting agar Anda tidak salah memilih palang pintu otomatis yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Dengan melakukan kiat di atas, diharapkan Anda akan mendapatkan palang pintu otomatis berkualitas dengan harga yang sesuai dengan budget.

Jasa Instalasi Palang Pintu Otomatis untuk Jalan Tol

Ketika mendekati jalan tol, sebuah sensor akan mendeteksi kendaraan Anda dan memberikan sinyal kepada palang pintu parkir otomatis. Palang pintu akan terbuka secara otomatis dan Anda dapat masuk ke jalan tol. Setelah melewati sensor, palang pintu akan menutup otomatis untuk menjaga keamanan jalan tol.

Demikianlah cara kerja palang pintu parkir otomatis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda ya. Jika mencari produk dan jasa instalasinya Anda dapat mengunjungi laman dct.co.id atau menghubungi kontak ini 021-8242-4888/0899-0288-888 dan untuk kelengkapan peralatan safety dapat mengunjungi griyasafety.com

Scroll to Top