Pengertian Wireless Router, Fungsi, dan Kelebihannya

Wireless router ǀ Sebagian besar sudah familiar dengan wireless router, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Bagaimana cara kerja, fungsi, jenis-jenisnya dan kelebihan kelemahannya menggunakannya dan rekomendasi terbaik. Kebutuhan akan internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat setiap harinya guna melakukan berbagai aktivitas.

Pengertian Wireless Router

Wireless router secara umum merupakan sebuah perangkat jaringan yang berfungsi menganalisis paket data diteruskan ke jaringan lain baik sama maupun berbeda teknologinya. Router menurut O’Brien (2011: 193) adalah sebuah alat jaringan komputer mengirimkan paket data kepada penerimanya. Sumber dan tujuan transmisi berada pada jaringan yang sama atau transfer dari satu jaringan ke jaringan lain membutuhkan sebuah kode informasi data protokol baru.

Wireless router merupakan suatu perangkat jaringan yang menghubungkan beberapa network atau jaringan sama maupun berbeda. Beberapa jenis model router yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dipergunakan pengiriman paket data. Proses pengiriman data tersebut dinamakan routing yang terjadi pada IP atau internal protocol. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa router ini sama dengan switch yang sebenarnya berbeda.

Switch dipergunakan sebagai penghubung alat membentuk LAN pada kebanyakan router jaringan berbasis IP. Wirelles router ini memiliki banyak manfaat dengan kemampuannya mendeteksi informasi yang akan dikirimkan. Router di beberapa perusahaan juga dipergunakan guna menghubungkan LAN menuju layanan komunikasi DSL. Kebanyakan router diperlukan pada jaringan yang berbasis IP, sehingga menyebutnya sebagai router IP.

Fungsi dan Kelebihannya

Wireless router umumnya berfungsi menghubungkan dua jaringan atau lebih mengirimkan paket data menuju jaringan lain. Jaringan internet di Indonesia menjadi kebutuhan primer baik lingkungan perumahan, perkantoran, sekolah maupun area publik lainnya. Masyarakat pedesaan juga sudah menggunakan internet dalam mendukung fasilitas setiap harinya.

Fungsi dari Wireless Router

Wireless router sebagai salah satu sumber jaringan internet memiliki beberapa fungsi antara lain:

  1. Menghubungkan beberapa jaringan guna menyampaikan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Berbeda dengan switch yang hanya menghubungkan beberapa komputer dan membangun LAN, wireless router dipergunakan menghubungkan antar LAN.
  2. Mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain seperti bridge. Router menjembatani akses internet dengan sistem kerja networking bridge agar data dapat dipakai oleh jaringan lain.
  3. Menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL sebagai DSL router. Berfungsi sebagai firewall yang akan melindungi data dan meningkatkan cyber security agar jaringan internet aman.
  4. Menyaring paket data, memfilterisasi paket data yang beroperasi pada suatu jaringan internet. Proses filterisasi mendukung kinerja jaringan internet dan mencegah perlambatan koneksi internet akibat lintas jaringan yang besar. Membagi sebuah jaringan besar ke dalam sub nework meningkatkan kinerja dan memudahkan dalam proses manajemen.

Kelebihannya

Wireless Router dapat dihubungkan di ruangan dapat log on dan surfing internet di ruangan mana saja. Kemudahan dan kecepatan instalasi menggunakan wireless router tidak perlu melakukan pengeboran pada dinding. Memasang dan menyusun kabel yang panjang dan rumit dari satu tempat ke tempat lain serta menghemat waktu. Dapat menghubungkan suatu jaringan komputer ke jaringan komputer lainnya.

Memiliki fungsi menyaring proses data dan membagikan jaringan menjadi beberapa subnet. Proses yang diberikan kepada alamat IP tertentu mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Berguna sebagai topologi jaringan tidak peka mengenai masalah yang ada terhadap kelambatan waktu.

Kekurangannya

Wireless router terdapat kekurangan dalam pilihan koneksi dan tergantung jumlah koneksi. Menonaktifkan seluruh jaringan atau network yang tidak berguna. Memiliki peran yang cukup banyak membuat kinerja suatu komputer menjadi lebih berat.

PT DCT Total Solution perusahaan yang berpengalaman dalam berbagai jaringan komunikasi, sumber daya energi, wireless dan berbagai fasilitas industri pertambangan dan aplikasi lain. Selalu berusaha memberikan hasil kerja produk terbaik dalam pekerjaan yang dilakukan sebagai bentuk kepercayaan. Memberikan hasil yang maksimal dan responsif sebagai bentuk pelayanan bagi customer.

PT DCT Total Solution adalah kontraktor tower telekomunikasi dan internet menyebarkan sinyal wireless ke segala penjuru semua device atau perangkat. Untuk lebih jelasnya dapat hubungi via email info@dct.co.id dan nomor whatsapp 0899-0288-888.