Jenis-Jenis CCTV Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

CCTV (Closed Circuit Television) adalah sistem perekaman video yang digunakan untuk memantau dan merekam aktivitas di suatu area tertentu. Sistem ini terdiri dari kamera CCTV, perekam video, dan monitor yang terhubung dalam jaringan tertutup (closed circuit). CCTV sangat berguna untuk berbagai tujuan seperti meningkatkan keamanan, memantau aktivitas bisnis, membantu dalam penyelidikan kejadian, dan banyak lagi. Kamera CCTV dapat dipasang di berbagai lokasi seperti gedung perkantoran, rumah, mall, dan tempat umum lainnya.

Ada berbagai macam jenis CCTV, yang wajib Anda ketahui di antaranya:

1. Dome Camera

Dome camera adalah jenis CCTV yang memiliki bentuk seperti kerucut dan diletakkan di atas plafon. Keuntungan utama dari dome camera adalah estetika bentuknya yang tidak mencolok dan mudah dipasangkan. Selain itu, dome camera juga relatif sulit dilihat oleh siapapun yang berada di bawahnya, sehingga sangat cocok digunakan untuk area publik seperti mall atau stasiun.

2. Bullet Camera

Bullet camera adalah jenis CCTV yang memiliki bentuk seperti peluru dan diletakkan secara vertikal. Keuntungan utama bullet camera adalah daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan dome camera. Selain itu, bullet camera juga mudah dipasang dan relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis CCTV lainnya.

3. PTZ Camera

PTZ (Pan-Tilt-Zoom) camera adalah jenis CCTV yang memiliki fitur panning, tilting dan zooming (memperbesar gambar). Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol pergerakan dan zoom dari CCTV secara remote. Dengan PTZ camera, pengguna tidak perlu berada di tempat untuk memonitor apa yang terjadi.

4. IP Camera

IP camera adalah jenis CCTV yang menggunakan teknologi internet untuk mentransmisikan informasi gambar atau video dari tempat ke tempat lain. Keuntungan utama IP camera adalah memberikan akses langsung ke kamera melalui internet tanpa harus menggunakan kabel atau media lain. IP camera juga bisa diprogram untuk mengirimkan notifikasi ke pengguna saat ada pergerakan yang terdeteksi.

5. Wireless Camera

Wireless camera adalah jenis CCTV yang menggunakan teknologi nirkabel untuk mentransmisikan informasi gambar atau video dari tempat ke tempat lain. Keuntungan utama wireless camera adalah tidak butuh kabel untuk mentransmisikan informasi. Selain itu, wireless camera juga lebih mudah dipasang dan dapat digunakan di area yang sulit dijangkau oleh kabel.

6. HD CCTV Camera

HD CCTV camera adalah jenis CCTV yang menawarkan gambar berkualitas tinggi dalam format digital. Keuntungan HD CCTV camera dapat memberikan gambar yang lebih jelas dan tajam, sehingga lebih mudah untuk mengenali wajah atau objek lainnya. Selain itu, HD CCTV Camera juga tidak membutuhkan pemeliharaan yang berlebihan karena hanya perlu diganti saat terjadi kerusakan.

7. Infrared Camera

Infrared camera adalah jenis CCTV yang memiliki fitur infrared untuk mendeteksi benda yang bergerak di dalam jarak tertentu. Keuntungan utama infrared camera adalah bisa berfungsi sama baiknya di dalam ruangan maupun di luar ruangan, sehingga cocok digunakan untuk keamanan perumahan atau gudang. Selain itu, infrared camera juga sangat efektif dalam mengidentifikasi benda yang bergerak meskipun terhalang oleh kabut atau objek lainnya.

8. Thermal Camera

Thermal camera adalah jenis CCTV yang menggunakan teknologi inframerah untuk mendeteksi benda yang bergerak meskipun dalam kegelapan. keuntungan utama thermal camera adalah mampu mendeteksi benda yang bergerak dengan akurat, sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan pengawasan dan keamanan. Selain itu, thermal camera juga tidak memerlukan koneksi internet atau listrik sehingga lebih hemat biaya.

9. Video Surveillance System

Video surveillance system adalah jenis CCTV yang terdiri dari berbagai komponen seperti camera, digital video recorder (DVR) dan monitor. Keuntungan utama video surveillance system adalah memberikan akses ke berbagai komponen secara bersamaan, sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol sistem CCTV dari satu tempat. Selain itu, video surveillance system juga bisa diprogram untuk menerima notifikasi saat ada pergerakan yang terdeteksi.

10. PTZ Dome Camera

PTZ dome camera adalah jenis CCTV yang memiliki fitur panning, tilting dan zooming (memperbesar gambar). Keuntungan utama PTZ dome camera adalah memungkinkan pengguna untuk mengontrol pergerakan dan zoom dari CCTV secara remote, sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan pengawasan dan keamanan. Selain itu, PTZ dome camera juga mudah dipasangkan di plafon sehingga tidak mencolok.

11. Network Camera

Network Camera adalah jenis CCTV yang menggunakan teknologi internet untuk mentransmisikan informasi gambar atau video dari tempat ke tempat lain. Keuntungan utama network camera adalah memberikan akses langsung ke kamera melalui internet tanpa harus menggunakan kabel atau media lain. Network camera juga bisa diprogram untuk menerima notifikasi saat ada pergerakan yang terdeteksi.

Baca Juga: Supplier CCTV dan Jasa Instalasinya

Itulah 11 jenis CCTV yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan instalasi. Jika mencari kebutuhan CCTV dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau Anda dapat mengunjungi laman dct.co.id dan untuk kelengkapan peralatan safety dapat mengunjungi griyasafety.com.

Comments are closed.

Scroll to Top