Pengertian VoIP, Cara Kerja, dan Fungsinya

VoIP ǀ VoIP secara teknis, teknologi yang memungkinkan melakukan komunikasi jarak jauh memanfaatkan jaringan internet. Menggunakan protokol jaringan seperti H 323, MGCP, SIP, RTP, SDP atau IAX. Aplikasi messenger atau video conference guna menghubungi rekan kerja atau keluarga yang disebut dengan Voice over Internet Protocol (VoIP). Melakukan komunikasi melalui terminal PC atau telepon biasa dengan keuntungan biaya lebih murah dari tarif telepon biasanya.

Pengertian VoIP

VoIP adalah protocol yang bersifat open source telah banyak diterapkan berbagai macam pemanfaatan standar. Jenis protokol lama yang telah menerapkan VoIP dipergunakan pada traffic jarak jauh seperti LAN (Local Area Network) penggunaananya mulai dibatas yaitu H 323. Dipergunakan sebagai protokol pada jaringan internet, terdiri dari dua bagian yaitu:

  1. Transfer Control Protocol (TCP) atau disebut juga Internet Protocol (IP) adalah protokol terbagi dalam dua bagian yaitu TCP dan IP potokol yang menjaga reliabilitas hubungan komunikasi end-mo-end. Dalam hal ini berperan mengirim dan menerima pesan atau paket data antar perangkat yang terkoneksi jaringan.
  2. User Datagram Protocol (UDP) sebagai salah satu protokol dengan kedudukan berada diatas IP, mampu mengirim data streaming cepat dan terus menerus. Dalam hal ini dikarenakan lebih mementingkan kecepatan pengiriman data, sehingga kemungkinan data tidak lengkap.
  3. Application Layer sebagai tempat pemindahan file yang membutuhkan kontrol mengatasi ketidakcocokan akibat file yang berbeda.

Bagaimana Cara Kerjanya

Cara kerja VoIP mengubah suara analog menjadi paket data digital yang akan diteruskan melalui Hub/Router/ADSI, Modem dari PC dikirim lewat jaringan internet. Data sinyal analog menggunakan ADC (Analog to Digital Converter) ditransmisi menjadi data Digital to Analog Converter (DAC). Suara analog diambil dari speaker perangkat dikonversi menjadi paket data.

Teknologi VoIP tergantung sepenuhnya pada kualitas jaringan internet baik penelepon maupun penerima telepon. Beberapa pesawat telepon pada saat ini terhubung dengan jaringan VoIP. Private Automatic Branch Exchange (PABX) memungkinkan kemampuan VoIP panggilan telepon dari perangkat komputer ke pesawat telepon.

VoIP

Kelebihan dan Kelemahan beserta Fungsinya Yang Perlu Diketahui

Terdapat kelebihan dan kelemahan beserta fungsi dari VoIP melakukan hubungan komunikasi dengan lawan bicara:

Kelebihannya

Teknologi VoIP menjadi solusi lebih hemat biaya berbeda dengan telepon konvensional. Hanya memerlukan jaringan internet yang terhubung dengan lawan bicara. Tidak perlu membayar tagihan telepon, sehingga menjadi daya tarik utama. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang tersedia memudahkan perusahaan tidak perlu membayar tagihan bulanan.

Paket data digital yang dikompres hanya sekitar 8 kbps menggunakan bandwidth VoIP. Jaringan VoIP dapat digabung menjadi jaringan raksasa seperti VoIP Rakyat yang terdapat di Indonesia. Penggunaannya dapat bervariasi tidak hanya perangkat komputer ke perangkat telepon konvensional.

Kelemahannya

Salah satu kelemahannya kualitas suara tidak sejernih jaringan Public Switched Telephone Network (PSTN). Dikarenakan juga suara mengalami delay atau terdapat jeda pada saat komunikasi berlangsung lewat jaringan internet. Perangkat komputer atau smartphone menggunakan teknologi ini lebih mahal dibanding telepon biasa. Hal ini berpotensi menyebabkan jaringan terhambat dalam melakukan hubungan komunikasi menggunakan VoIP.

Fungsi VoIP Yang Perlu Diketahui
Fungsi utamanya sebagai media komunikasi jarak jauh memanfaatkan internet yang lebih ekonomis. Terdapat beberapa fungsi dari VoIP yang perlu diketahui yaitu:
  1. Signalling, menangkap jaringan yang akan dituju yang dapat melakukan penyampaian pesan.
  2. Call Connect atau Disconnect, penerima panggilan dapat menerima atau memutus panggilan.
  3. Database Service, mencari tujuan akhir atau endpoint sebagai penerjemah alamat dalam dua jaringan berbeda.
  4. Codecs Operations, sebagai coder atau decoder mengubah suara menjadi sinyal digital atau paket data dan sebaliknya.

Perkembangan jaman VoIP dapat melakukan pengiriman suara dan video agar komunikasi jarak jauh lebih cepat, lancar dan bebas kendala. Beberapa contoh teknologinya antara lain messengger seperti LINE, WhatsApp dan WeChat. Aplikasi untuk video conference seperti Webex meetings, Zoom, Skype dan lain sebagainya.

PT DCT Total Solution sebagai kontraktor yang memberikan solusi dan service terbaik guna kepuasan customer. Selalu berinovasi dalam mengikuti perkembangan teknologi, meningkatkan performance bisnis customer. Mempunyai kekuatan finansial sehat dan mandiri sebagai perusahaan dengan tenaga profesional dan berpengalaman. Memberikan hasil maksimal dalam bidang rancang bangun, desain, konsultasi, analisis dan pelaksanaan di lapangan.

PT DCT Total Solution perusahaan yang berpengalaman dalam berbagai jaringan komunikasi, sumber daya energi, wireless dan berbagai fasilitas industri pertambangan dan aplikasi lain. Selalu berusaha memberikan hasil kerja produk terbaik dalam pekerjaan yang dilakukan sebagai bentuk kepercayaan. Memberikan hasil yang maksimal dan responsif sebagai bentuk pelayanan bagi customer.

PT DCT Total Solution adalah kontraktor tower telekomunikasi dan internet menyebarkan sinyal wireless ke segala penjuru semua device atau perangkat. Untuk lebih jelasnya dapat hubungi via email info@dct.co.id dan nomor whatsapp 0899-0288-888.