Kontraktor Tower: Simak Portofolio Konstruksinya

Kontraktor Tower ǀ Prospek industri telekomunikasi sebagai motor perkembangan sektor industri seluler berpotensi menambah customer. Banyak pengguna ponsel memiliki lebih dari satu kartu, tren permintaan cutomer akan layanan data. Terus meningkatnya pengguna ponsel dengan harga terjangkau meningkatkan jumlah customer dan layanan diimbangi pengembangan infrastruktur. Kontraktor tower menggarap pembangunan menara pemilik operator telekomunikasi atau non operator yang menyewa.

kontraktor tower
Telecommunication tower structure with sunset sky in silhouette background

Apa itu Kontraktor Tower?

Kontraktor tower memiliki tinggi berkisar 60 sampai 70 meter guna menambah kapasitas jaringan. Kebutuhan layanan data bertambah dapat dibangun di atas ruko atau gedung bertingkat. Kebutuhan jaringan telekomunikasi sangat besar khususnya di luar Pulau Jawa dengan potensi pembangunan menara. Pendirian satu menara dibutuhkan waktu selama tiga minggu sampai satu bulan.

Kontraktor tower mempunyai profit dari jasa pembangunan menara antara 10% sampai 20% ditentukan oleh spesifikasi dan lokasi pembangunan. Peran sebagai sub kontraktor memasuki bisnis jasa pembangunan hanya mengerjakan konstruksi pondasi, tower atau pemasangan perangkat. Modal minimum sebesar Rp 200 juta guna mengurus perizinn, pembelian perlengkapan dan peralatan kantor serta proyek dan biaya operasional. Tahapan pembangunan menara tidak terlalu rumit, memperhatikan masalah perizinan.

Perizinan pembangunan menara baik dari pemerintah maupun warga sekitar lokasi. Proses pembangunan menara ini seringkali sulit diperoleh dari warga sekitar lokasi dikarenakan kekhawatiran akan ketinggian di dekat rumah. Proses perizinan lebih baik diselesaikan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan membangun. Kelancaran operasional akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada saat menara terlanjur berdiri.

baca Juga: Kontraktor Fiber Optic: Konstruksi Tower dan Layanan IT di Jakarta

Tugas Tanggung Jawab Kontraktor Tower Telekomunikasi

Kontraktor tower harus mempunyai pekerja yang spesialisasi masing-masing, pekerja khusus spesialisasi menara dan mekanik engineering pemasangan alat. Perangkat yang dipasang pada tower telekomunikasi mudah diperoleh dengan membeli rangkaian besi menara di pabrik. Membuat situs perusahaan guna memperkenalkan jasa konstruksi menara ke klien. Perusahaan pengembang menara berlokasi di daerah mengandalkan dunia maya saat mencari kontraktor pengalaman.

Kontraktor tower memiliki tugas tanggung jawab membangun sebuah proyek jaringan telekomunikasi menggunakan jasa kontraktor. Provider besar melelang proyek yang dikerjakan sesuai spesifikasi yang diajukan. Kontraktor yang menangani masalah telekomunikasi memiliki instalasi BTS, drive test optimasi jaringan dan instalasi radio transmisi. Pada instalasi menara BTS menerjunkan tim khusus mencari lokasi sesuai koordinat provider.

Lokasi yang dipilih kontraktor memenuhi persyaratan provider seperti tidak terhalang pohon besar, gedung dan lain sebagainya. Melakukan tes kekuatan tanah yang akan dibangun tower harus mampu menahan beban sampai 5 ton. Proses perakitan tower dilaksanakan melakukan instalasi mekanis dan kelistrikan. Kontraktor tower akan melakukan drive test optimasi jaringan dan pengumpulan data menganalisa dan pelaporan oleh provider.

Apabila ditemukan ketidaksesuaian, pihak provider akan menghubungi pihak kontraktor dan meminta perbaikan. Kontraktor punya tanggung jawab atas semua proses termasuk instalasi perangkat dan comissioning radio transmisi. Kontraktor membuat laporan kepada provider pemilik proyek instalasi radio transmisi.

Profil PT DCT Total Solution

PT DCT Total Solution sebagai kontraktor yang memberikan solusi dan service terbaik guna kepuasan customer. Selalu berinovasi dalam mengikuti perkembangan teknologi, meningkatkan performance bisnis customer. Mempunyai kekuatan finansial sehat dan mandiri sebagai perusahaan dengan tenaga profesional dan berpengalaman. Memberikan hasil maksimal dalam bidang rancang bangun, desain, konsultasi, analisis dan pelaksanaan di lapangan.

Baca Juga: DCT Adalah Kontraktor Bidang Networking, IT dan Toll Equipment

PT DCT Total Solution perusahaan yang berpengalaman dalam berbagai jaringan komunikasi, sumber daya energi, wireless dan berbagai fasilitas industri pertambangan dan aplikasi lain. Selalu berusaha memberikan hasil kerja produk terbaik dalam pekerjaan yang dilakukan sebagai bentuk kepercayaan. Memberikan hasil yang maksimal dan responsif sebagai bentuk pelayanan bagi customer.

PT DCT Total Solution adalah kontraktor tower telekomunikasi dan internet menyebarkan sinyal wireless ke segala penjuru semua device atau perangkat. Untuk lebih jelasnya dapat hubungi via email info@dct.co.id dan nomor whatsapp 0899-0288-888.

Comments are closed.

Scroll to Top