DCT Perusahaan Rekomendasi Pemasangan Traffic Lamp

Traffic Lamp ǀ Traffic lamp merupakan lampu mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan. Lampu yang menandakan kapan kendaraan berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas pada persimpangan jalan agar kendaraan bergerak bergantian tidak mengganggu arus. Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) diatur dalam UU no 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sejarah Penemu Traffic Lamp

Semakin tingginya volume kendaraan di berbagai ruas jalan membuat traffic lamp menjadi berfungsi optimal. Walau sudah terasa akrab dengan hal tersebut, namun tidak mengetahui dengan pasti sejarahnya. Sejarah yang melatarbelakangi akhirnya dipergunakan di seluruh dunia yaitu penemunya John Peake Knight. Menciptakan benda ini tahun 1860an di Inggris, bermula bekerja sebagai manajer kereta api.

Knight khawatir melihat kondisi situasi jalanan di Inggris yang terlihat berantakan dan berbahaya. Semakin banyaknya kereta kuda di jalan membahayakan para pengguna jalan khususnya pejalan kaki. Knight mulai mencari solusi untuk menjaga keselamatan pejalan kaki dengan awalnya menggunakan semafor. Semacam isyarat bendera memberi aba-aba berjalan, hati-hati atau berhenti dengan warna dan gerakan.

Semafor hanya dipergunakan siang hari, malam harinya Knight menggunakan simbol bahan bakar gas. Uji coba dilakukan Desember 1868 yang disambut antusias warga kota London, Inggris. Pertama menggunakan lentera tenaga gas dilengkapi lampu merah dan hijau pada ujung kayu. Pipa gas yang dipergunakan meledak setelah uji coba selama tiga bulan, akhirnya terhenti.

Masa percobaan gagal, ide Knight dikembangkan Garret Morgan menemukan lampu lalu lintas otomatis. Morgan warga Amerika Serikat keturunan Afrika-Amerika pemilik mobil pertama di Cleveland, Ohio. Morgan sangat tertarik dengan bidang mekanik ketika melihat kecelakaan terjadi di persimpangan jalan. Morgan berpikir mengembangkan lampu lalu lintas di persimpangan jalan dengan mempergunakan berbagai teknologi.

Usaha kerasnya berbuah manis pada tahun 1923, traffic lamp yang berhasil tercipta sempurna. Morgan memutuskan menjual penemuannya yang dipergunakan tersebut ke perusahaan multinasional mendapatkan hak paten. Penemunya yaitu John Peake Knight dan Garrett Morgan keselamatan pengguna jalan seluruh dunia.

Jenis Lampu Lalu Lintas

Berdasarkan cakupannya, traffic lamp dibagi menjadi:

  1. Terpisah, pengoperasian pemasangannya didasarkan pada suatu tempat persimpangan.
  2. Terkoordinasi, pemasangannya mempertimbangkan beberapa persimpangan yang terdapat dalam suatu jaringan dalam satu kawasan.

Berdasarkan pengoperasiannya, traffic lamp dibagi menjadi:

  1. Fixed time traffic signal, pengoperasiannya menggunakan waktu yang tepat dan tidak mengalami perubahan.
  2. Actuated traffic signal, pengoperasiannya dengan pengaturan waktu tertentu dan mengalami perubahan sesuai kedatangan kendaraan dari berbagai persimpangan.

Tujuan Instalasi Traffic Lamp

Tujuan adanya traffic lamp yaitu:

  1. Menghindari hambatan adanya perbedaan arus jalan pergerakan kendaraan.
  2. Persimpangan difasilitasi antara jalan utama kendaraan dan pejalan kaki dengan jalan sekunder maka dapat terjamin kelancaran arus lalu lintas.
  3. Mengurangi kecelakaan karena perbedaan arus jalan yang diakibatkan tabrakan.

Variasi Lampu Traffic Lamp

Banyak variasi traffic lamp tergantung budaya negara yang menggunakannya dan kebutuhan khusus di persimpangan tertentu. Contoh variasi lampunya seperti lampu khusus pejalan kaki, pengguna sepeda, bis, kereta dan lain sebagainya. Perbedaan dalam urutan lampu yang terpasang berbeda sesuai dengan pengaturan lampu lalu lintas. Variasi lampu dapat dioperasikan bersamaan pada persimpangan kompleks ramai dilewati pejalan kaki dan kendaraan.

Apabila lampu pejalan kaki berwarna hijau menyala, maka mobil yang akan lewat berhenti. Secara otomatis lampu lalu lintas kendaraan berwarna merah apabila lampu pejalan kaki berwarna hijau.

traffic lamp

Sistem Pengendalian Lampu Lalu Lintas

Sistem pengendalian lampu lalu lintas dikatakan baik apabila lampu yang terpasang berjalan baik. Secara otomatis menyesuaikan kepadatan lalu lintas tiap jalur disebut actuated controller. Sistem baru dikeluarkan para akademisi sebagai logika fuzzy, untuk menentukan lamanya waktu. Lampu lalu lintas menyala sesuai volume kendaraan yang sedang mengantri pada suatu persimpangan.

Hasil pengujian sistem ini menunjukkan dapat menurunkan keterlambatan kendaraan panjang dibanding sistem konvensional. Pada umumnya lampu lalu lintas dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik. Namun perkembangan teknologi saat ini lampu lalu lintas dioperasikan dengan menggunakan tenaga matahari.

PT DCT Total Solutions perusahaan rekomendasi pemasangan traffic lamp berkualitas, untuk lebih jelasnya dapat menghubungi nomor 021-824-24-888 atau WA 0899-0288-888.