Pengertian Lightning Protection Systems dan Manfaatnya

Lightning Protection System (LPS) adalah solusi yang tepat untuk perlindungan bangunan atau struktur lain dari kerusakan yang disebabkan oleh petir. Dengan mengetahui manfaat LPS, Anda dapat memilih sistem yang cocok untuk kebutuhan Anda. Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat pengertian dan manfaat Lightning Protection Systems.

Apa itu Lightning Protection Systems?

Lightning Protection Systems (LPS) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melindungi bangunan dan peralatan dari serangan petir. Sistem ini menggunakan saluran khusus untuk mengalirkan arus listrik dari petir ke bumi sehingga mengurangi resiko kerusakan akibat serangan petir. LPS juga dapat membantu mencegah terjadinya ledakan akibat serangan petir dengan cara memisahkan bagian-bagian bangunan yang rentan terhadap ledakan.

Selain itu, LPS juga membantu mengurangi resiko arus listrik yang berbahaya akibat serangan petir. Sistem ini dapat mencegah bahaya lainnya seperti kebakaran atau kerusakan peralatan elektronik. LPS terdiri dari sistem pengaman, penyimpangan kabel dan peralatan pendukung lainnya yang dirancang untuk mencegah arus listrik yang berbahaya.

Jenis-jenis Lightning Protection Systems

Pada umumnya, Lightning Protection System (LPS) dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Jenis rod lightning protection (RLS): Sistem ini berfungsi untuk mendeteksi petir sebelum benar-benar terjadinya dan memberikan perlindungan dengan cara mengarahkan petir ke alat pembuangan petir.

2. Jenis air termination lightning protection (ATLP): Sistem ini menangkap petir ketika sudah terjadinya dan memberikan perlindungan dengan cara mengalirkan arus listrik dari petir ke bumi.

3. Jenis ground neutralization system (GNS): Sistem ini digunakan untuk mencegah penyebaran arus petir di bumi dan memberikan perlindungan dengan cara membuat peralatan yang akan dilindungi bebas dari tegangan tinggi.

Untuk pemilihan jenis LPS yang tepat tergantung dari kebutuhan berkaitan dengan lokasi, aplikasi dan tingkat perlindungan yang diperlukan.Semua jenis LPS ini dapat digunakan secara bersamaan untuk meningkatkan tingkat perlindungan.

Lightning Protection Systems (LPS) melindungi bangunan dari serangan petir dengan cara membuat jalur diluar bangunan yang menyalurkan arus listrik dari petir ke bumi. Sistem ini terdiri dari sejumlah komponen, di antaranya adalah rod pelindung petir, kabel penghantar, ground rod, dan lain-lain. LPS sangat efektif dalam mencegah kerusakan akibat serangan petir, sehingga sangat dianjurkan untuk digunakan pada bangunan penting seperti gedung bertingkat tinggi atau pusat data.

Kelebihan dan Kekurangan Lightning Protection Systems

Lightning Protection Systems (LPS) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melindungi suatu bangunan atau struktur dari kerusakan akibat petir. Sistem ini biasanya terdiri dari sebuah jaringan kabel dan rod besi yang ditempatkan di sekitar bangunan atau struktur.

Kabel-kabel ini berfungsi untuk mengarahkan arus petir ke rod besi, yang kemudian akan menyerap energi petir dan mencegahnya dari menyebabkan kerusakan pada bangunan atau struktur. Kelebihan utama dari LPS adalah bahwa ia dapat secara efektif melindungi objek yang ditanaminya dari serangan petir.

Selain itu, LPS juga cenderung lebih awet dan tahan lama daripada sistem perlindungan petir lainnya, seperti paratoner atau penangkal petir tradisional. Kekurangan utama LPS adalah biayanya yang mahal – sistem ini umumnya lebih mahal daripada sistem perlindungan petir lainnya. Selain itu, LPS memerlukan instalasi yang tepat dan harus diperiksa secara teratur untuk memastikan bahwa ia masih berfungsi dengan benar.

Apa saja yang Dapat Dilindungi oleh Lightning Protection Systems?

Sistem Perlindungan Petir adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melindungi struktur bangunan, peralatan listrik, dan manusia dari serangan petir. Sistem ini biasanya terdiri dari sebuah atap petir, penahan petir, dan penyerap petir.

Atap petir berfungsi untuk menarik petir ke arah penahan petir, yang kemudian menyalurkannya ke penyerap petir. Penyerap petir berfungsi untuk menyerap energi dari petir dan menyalurkannya ke tanah sehingga tidak merusak struktur bangunan atau peralatan listrik.

Baca Juga: Cara Kerja Lightning Protection Systems

Manfaat Lightning Protection Systems

Sistem perlindungan petir merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk melindungi bangunan atau struktur dari kerusakan yang disebabkan oleh petir. Selain itu, sistem ini mengumpulkan energi listrik dari petir dan mengalirkannya ke tanah sehingga menghindari kerusakan pada bangunan.

Sistem perlindungan petir juga dapat digunakan untuk melindungi peralatan elektronik dari kerusakan akibat petir.
Manfaat utama dari sistem perlindungan petir adalah untuk mengurangi risiko kerusakan akibat petir. Sistem ini juga dapat membantu mengurangi biaya perbaikan akibat kerusakan yang disebabkan oleh petir, yang bisa menjadi sangat mahal.

Sistem ini juga dapat membantu mencegah keselamatan manusia dan hewan dengan mencegah arus listrik yang berbahaya selama badai. Terakhir, sistem perlindungan petir juga dapat melindungi investasi Anda dengan cara meningkatkan nilai bangunan atau properti Anda dengan memberikan tambahan perlindungan terhadap kejadian-kejadian cuaca ekstrem.

PT DCT menyediakan solusi instalasi untuk proteksi petir, pemasangan anti petir untuk industri, dan pembangunan pondasi tower. Anda dapat mengunjungi laman dct.co.id dan untuk kelengkapan peralatan safety dapat mengunjungi griyasafety.com.

Scroll to Top