Aturan-Pemasangan-Solar-Panel

Aturan Pemasangan Solar Panel

Solar panel merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan yang sedang banyak digunakan untuk menghasilkan listrik. Namun, apakah kalian mengetahui aturan-aturan yang harus diperhatikan saat memasang solar panel di rumah atau gedung? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Aturan Pemasangan Solar Panel agar kamu bisa memaksimalkan penggunaannya dengan aman dan efektif. Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Kenali Jenis-jenis Solar Panel

1. Solar Panel PV
Panel PV adalah jenis solar panel yang paling umum digunakan. Panel ini mengubah cahaya matahari langsung menjadi listrik. Keuntungan utama dari panel PV adalah biaya operasional yang rendah setelah pemasangan awal.

2. Solar Panel Thermal
Solar panel thermal berfungsi untuk mengumpulkan cahaya matahari dan mentransfernya ke air atau udara untuk digunakan sebagai sumber energi panas. Selain itu, solar panel thermal biasanya digunakan dalam aplikasi aquaculture, pemanas air, dan sistem penyulingan minyak bumi.

3. Solar Panel Concentrator
Solar panel concentrator menggunakan lensa atau cermin untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya matahari ke sebuah titik tertentu. Panels ini sering digunakan dalam aplikasi industri karena mereka dapat dengan mudah diadaptasi untuk berbagai tujuan, seperti pembangkit listrik tenaga surya (solar power plant) dan penyulingan minyak bumi.

4. Solar Panel Thin-Film
Solar panel thin-film menggunakan lapisan tipis dari material semi-konduktor untuk mengubah cahaya matahari langsung menjadi listrik. Panel ini relatif murah dan efisien, tetapi mereka tidak dapat menghasilkan daya yang sama seperti panel PV konvensional.

5. Solar Panel A-Si
Solar panel A-Si adalah panel PV cetak dari lapisan tipis amorf silikon. Pane ini memiliki efisiensi rendah tetapi bisa menghasilkan daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan panel thin-film. Solar panel A-Si digunakan terutama untuk aplikasi komersial dan industri.

Catat! Ini Aturan Terbaru untuk Pemasangan Solar Panel

Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Pedoman Teknis Strategis Pengembangan Tenaga Surya, pada akhir Maret 2019, telah ditetapkan perubahan aturan untuk pemasangan panel surya.

Penyebab perubahan aturan ini adalah untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di Indonesia. Berikut adalah perubahan utama yang terjadi:
– Untuk proses administrasi, aplikasi harus dilakukan secara online ke Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik).
– Pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) untuk pembangunan sistem tenaga surya harus dilakukan oleh instansi teknis setempat.
– Persyaratan dokumen pendukung yang harus disertakan dalam aplikasi IMB, antara lain: surat permohonan IMB dari pemohon, deskripsi teknis sistem tenaga surya yang akan dibangun, dan analisis kelayakan teknis sistem tenaga surya yang akan dibangun.
– Setelah persetujuan IMB, wajib menyampaikan laporan pelaksanaan ke Ditjen Gatrik.
– Instalasi panel surya harus memenuhi standar teknis dan keselamatan yang berlaku di Indonesia.

5 Tips untuk Pemasangan Solar Panel yang Baik

1. Pilih lokasi yang sempurna untuk pemasangan panel surya: Pastikan lokasi memiliki cukup sinar matahari langsung dan tidak terhalang oleh halangan seperti pohon dan bangunan. Pastikan bahwa panel surya dipasang pada ketinggian yang tepat. Ketinggian optimal adalah berbagai faktor, termasuk lokasi geografis dan orientasi panel.

2. Pertimbangkan kondisi cuaca saat memilih material untuk menahan panel surya. Beberapa material lebih cocok untuk lingkungan yang lebih basah atau lebih kering, sehingga memastikan bahwa panel surya ditempatkan dengan benar.

3. Pastikan lokasi pasangannya dilengkapi dengan aliran listrik yang tepat dan aman untuk mencegah terjadinya gangguan listrik atau kebakaran akibat arus yang terlalu besar.

4. Jangan lupa untuk membersihkan panel surya secara teratur agar produksi energi tetap optimal.

5. Pasanglah sistem monitoring solar agar dapat memantau kinerja panel surya, mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi, dan mengetahui berapa banyak energi yang diproduksi.

Sebagai tambahan, pastikan bahwa panel surya yang Anda gunakan memenuhi standar kualitas tertentu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa panel surya akan berfungsi dengan benar dan menghasilkan energi secara optimal. Demikianlah aturan pemasangan panel surya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda ya. Jika mencari jasa instalasinya Anda dapat mengunjungi laman dct.co.id atau menghubungi kontak ini 021 – 8242 488/0899 – 0288 – 888 dan untuk kelengkapan peralatan safety dapat mengunjungi griyasafety.com

Scroll to Top