Instalasi Tower Mini SST 40 Meter Di PT. Citra Borneo Indah Kalteng ("Langit Sebagai Atap dan Bumi Sebagai Lantainya...")

PT. Citra Borneo Indah. Ya, CBI merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di Bidang Perkebunan Kelapa Sawit terkemuka yang dimiliki oleh Negeri ini, berlokasi di Jl. Haji Udan Said - Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. kali ini Administrator mencoba untuk berbagi pengalaman dengan teman - teman pembaca Article Project yang dikerjakan oleh PT. DCT Total Solutions.

Bahasan kali ini adalah pembangunan Tower Mini SST 40 Meter beserta Solar Cell System yang dikerjakan di tengah hutan pedalaman Kalimantan Tengah, tepatnya berada di atas Bukit Tempijar masuk dalam wilayah Kabupaten Nanga Bulik (kalau tidak salah) harap maklum saja posisi ada di tengah hutan, jadi tidak ada penunjuk perbatasan yang jelas. Lokasi tersebut dapat ditempuh dengan jalan darat sekitar 5 Jam dari kantor Pusat CBI di Pangkalan Bun (kalau kondisi hujan tidak dapat diprediksi waktu tempuhnya), sebab berdasarkan pengalaman kami sebelumnya pernah nginap di tengah hutan karena Mobil Mitsubishi Starda Triton 4WD menyerah tenggelam di dalam lumpur pekat hutan Kalimantan ketika kondisi setelah hujan.

Ketika kami baru sampai di Target Lokasi, dalam benak fikiran Tim kami adalah "OMG" lucu sekali lokasinya, mungkin sebagai gambaran dari situasi di sana adalah di tengah Hutan Belantara, di atas Bukit, tidak ada air, tidak ada tempat berlindung, ramai suara serangga, burung, saudara terdekat kita Uwa-uwa. Langsung terfikir bagaimana caranya pekerjaan seperti ini dapat selesai tepat pada waktunya? kalau kami harus bolak - balik dari lokasi ke pemukiman terdekat sangat tidak effective karena akan memakan waktu lama ditambah unit kendaraan untuk mobilitas yang terbatas dan kesulitan bahan bakar. Kalau sampai pekerjaan ini molor sedikit saja, alamat kami tidak dapat berlebaran di kampong halaman karena kebetulan pekerjaan ini bertepatan dengan bulan Romadhon dan pastinya seluruh tiket pesawat sudah pasti fullbooked. Tanpa fikir panjang kami langsung sepakat untuk Stay di lokasi pekerjaan dengan peralatan yang sangat terbatas. Kita mulai mengkalkulasi mengenai kebutuhan vital untuk Material Logistik, Tempat Tinggal, Makanan, Air Minum, perlengkapan masak. Alhasil pada hari itu juga kami berhasil memobilisasi mulai dari, Air, Semen, Split, Material Tower, material solar cell, Bahan makanan mentah, 2 lembar terpal. Cerita tidak berhenti di situ, muncul kendala baru ketika baru selesai memobilisasi kebutuhan dasasr kami.. Hujan telah turun.. Dengan berbasah basah kami harus segera mendirikan Tenda Terpal seadanya dan dapur darurat untuk persiapan beristirahat malam. sekitar 1 jam kami telah berhasil mendirikan tenda dan dapur darurat seadanya, untung tadi masih sempat membawa bekal makanan masak dari bawah jadi nanti malam tinggal membuat kopi panas pakai kayu bakar basah.. hehehe..

Nah.. ini adalah kondisi View areal di atas puncak bukit Tempijar..

Puncak tempijar dengan view ke arah bukit Durian

 

Posisi kami memang benar benar dikelilingi oleh hutan belantara

Tangki Air yang berhasil kami mobilisasi dari pemukiman terdekat menggunakan kendaraan khusus "JONDER" fotonya kelupaan :D

 

Ada semen, Pasir, Split di dalam karung.. material grounding, terpal (masih sebagai yang dapat kami bawa, yang penting ada dulu..) sisanya menyusul... maklum medannya lumayan berat

Ini si Solmed, dapat informasi dari supir Jonder. katanya di bawah ada mata air, jadi bisa dimanfaatkan untuk memasak dan minum. Tapi jalan kaki yaa... hahaha lumayan naik turun bukit sambil bawa air, capek duluan sebelum bekerjaa.. tapi tetap semangat ya mas brooo...

Suasana malam pertama di tenda darurat sambil ditemani kopi.. semuanya serasa akrab dan serasa seperti keluarga sendiri.. hidangan roti keringpun terasa nikmat... :D

 

Nah.. ini adalah Pak Rosehan sang Pemburu.. abis telp. istrinya di kampong.. dia bilang "inyong uwes tekan kiee... inyong yoo kangen karo wek....!!!" hahahaha...  (kebetulan sekali di atas bukit sinyal HP T*lk*ms*l full jadi bias tetap komunikasi berbekal Battery untuk solar cell plus inverter DC to AC buat charges bateery HP) sekaligus masih bisa menikmati lampu LED untuk penerangan DC12V 0,5A hehehe.. ini kerjaannya  Om Yudhaa.. :D Meskipun Solarcell belum on tetapi Batterry DC12V 100AH 8 Units sudah fullcharge semuaa.. Alhamdulillah..

Gambar tidak diekspose semuanya.. karena terlalu extreme.. Hehehehehe...

Temen - temen yang terlibat project ini tetap merasa semangat meskipun dalam kondisi keterbatasan.. meskipun malam kedinginan, siang kepanasan ditambah sebagian tim yang tetap mempertahankan untuk tetap berpuasa.. Semua ini kami lakukan demi kepuasan customer kami... :D semangat yaaa...!!! Close dulu yaa, sekarang waktunya kami beristirahat biar besok bisa bekerjaa di pagi harii.., jangan lupa bangun buat Sahur... :D (emangnya puasa? puasa lahh... :D)

 

Sekarang kita mulai pekerjaan di hari pertama hingga hari ke tuju...

Nah.. hari pertama bekerja.. kita tentukan lokasi pendirian tower kita baru kita gali.. mudah mudahan tidak ketemu batuu gede yaa...

Nah... itu nongol batunyaa... wahh bakal lama ini gali pondasinyaa, kalau opsi pindah lokasi pasti gali pondasinya juga bakal tambah lama, itupun belum jaminan bebas dari batu.. huahhh....

Ini galian lubang Borepile untuk kaki - kaki tower.. biar semakin kokoh dan tahan terhadap gempa.. :D  Ayoo Om Sandon... kurang dalam.. harus lebih dalam lagii...!!!

Setelah galian pondasi cukup dalam, kita mulai memasang konstruksi pondasi tower secara bertahap.. mulai dengan pengecoran borepile.. dilanjutkan dengan pengecoran pondasi secara bertahap karena harus memasang kerangka beton hingga beberapa lapis..

Nah.. ini penegecoran sudah hamper selesai.. meskipun hari sore tetap lanjut mumpung cuaca mendukung dan pengecoran tidak boleh terputus.. (y) pokoknya pengecoran pondasi tower kudu selesai hari ini juga!!!

 

 

Tahap selanjutnya adalah Setup Foot Plate dan Errections

 

Setelah kondisi coran kering kita mulai dengan setup Footplate dan mendirikan tiang utama.. proses grouting belakangan saja yaa.. menunggu proses ereection mencapai beberapa stage.

Hari sudah sore dan maghrib sebentar lagi tiba.. kita stop duluu pekerjaan hari ini...

Esok harinya.. hari berganti dan hari demi hari pekerjaan terus dikejar.. tak lupa dengan parallel perjaan pembangunan Shelter juga terus dikejar... (yang kebetulan dilakukan oleh rekanan lain)

Hore..

tower kita sudah semakin tinggii.... wah wah... tetapi shelter kok belum jadi juga yaahh... alamat bakalan molor nih pekerjaan..

Ayoo broo... lanjutkan... bentar lagii sudah di level 40 meter.. Nah kebetulan kondisi ruang shelter sudah jadi, tapi posisi dak shelter belum bisa dinaiiki, karena umurnya belum memenuhi usia beton.. (kesempatan kami Setup Battery Solar Cell di dalam ruang shelter)

 

Setup Battery Solarcel

Saya sedang merakit system charger solar panel dan perangkat radio.. nihh posisi sudah hamper selesai, tinggal instalasi solarcell di atas dak shelter.

Nahh ini posisinya masih agak berantakan.. tapi sudah di set kok Arus output ok dan stabil.. Inverter Stabil.. Solar charger sudah terpasang, cuman belum dikoneksikan ke solar panel perangkat radio juga sudah dicoba bisa hidup.. mungkin 2 hari lagi Solar panel sudah bisa dipasang yahh... :D

Nahh.. Electrical System sudah Complete Set... sekarang lanjut ke instalasi solar panel di atas dak.. sementara kita sudah bisa carge Laptop, lampu Penerangan 220 AC @ 10 Watt 2 Unit.. :D lumaya.. malam jadi tambah terang..

 

Ehh.. ngomong - ngomong pekerjaan errection sudah samapai mana yaa...??

 

Nah...

ini gambar sengaja dambil pas malam.. buat kejutan kalo tower sudah berdiri complete set..

ketika tower sudah berdiri dan pekerjaan sudah hamper selesai, timbul masalah baru malam itu.. Stock Logistic kami habiss.. tinggal beras sisa 3 gelas dan ind*mi sisa 4 bungkus, akhirnya bahan seadanya kami masak semuanya, dan kita kirim sinyal darurat ke kantor pusat untuk dilakukan penjemputan ke TKP kepada kami untuk mencari logistic pagi - pagi sekali..

 

Nahh.. kendaraan kami sudah tiba Mitsubishi Strada Triton 4WD putih siap mengantar kami mencari beka persediaan logistic, NDLIALAHNYAA di jalan kami ketemu warga setempat "Suku Dayak" ban motornyaa bocor, lalu kami tawari untuk num pang di mobil kami sajaa.. Agak takut2 akhirnya mereka mau juga dg tawaran kami.. dan ndialahnya juga dia pas bawa Duren.... wehehehe.. ini... yg ditunggu - tunggu.. mencicipi duren asli Kalimantan dan rasanya WOW gitu! Dan akhirnya kami berkenalan dengan Orang Dayak itu, yang ternyata orangnya cukup ramah, saya memanggilnya Bang IPPI..

 

 Nahh.. ini saya tiba di rumah Bang Ippi, sampai sana kami ditawari lagi "DUREN" dan WOW sampai 2 karung.. weleh weleh... ini orang dayak

satu bukan main.. saya tanya berapa ini semua harganyaa?? Bang ippi bilang udah tidak usah, terimakasih sudah diantar sampai rumah.. Karena ingin menghargai pekerjaan Bang Ippi) akhirnya uang 50 ribuan saya berikan ke dia, lalu dia berkomentar "Wah banyak sekali... 20 ribu sajaa..." saya tidak habis piker, kenapa bisa semurah ituu?? ternyata Bang Ippi kerjanya adalah tukang"NYANDAU". Nyandau?? apa ituu??(Red. Tukang tunggu durian jatoh di hutan...) weleh weleh.. jadi durian di sini itu melimpah banget, dan tidak ada duren karbitan kayak di Jakarta :P

 

"Yang Gendong Keranjang udah betah kayaknyaa.. :p"

 

 Sepulang dari mencari logistic, sesampainya di Camp Tempijar, ehhh... Solar panel sudah ngejugrug aja di atas Dak Shelter.. (bukan main Om Yudha ini... :D) kalo gituu kita tinggal koneksikan saja dengan electrical systemnyaa.. walhasil.. Waduh cuaca mendung charging tidak optimal, tetapi setelah di chek pada battery ternyata dapat bertambah kami langsung gembira.. setelah beberapa hari battery dipakai terus tanpa di Charge oleh solar panel.. Eh, kenapa itu ada terpal di atas solar panel???? Ohh.. itu buat tutup sementara tower lagi di cat.. takut kena cat.. :p

 

 Ini dia progress pengecata tower.. sudah hampir selesaii.. tinggal instalasi lampu Tower dan perangkat Radio wirelesnyaa..

 

 

Jreng - jreng... Tower Sudah Complete Set beserta perangkat radio wireless Motorola Cnopy PTP 100 3 Units dan PTP 300 1 Unit.

 

Dan... Jreng - jreng... Solar Panel juga sudah berdiri di atas Shelter, Setelah dilakukan pengujian, hasil output dari Solar Panel adalah 11 - 21 VDC denagn arus 3 - 7,5 A. Wow ini sudah sangat bagus sekali, dan apabila matahari bersinar full selama 5 jam saja sudah mampu mengisi battery 8 biji @ 12VDC 100Ah ketika dalam keadaan kosong sama sekali.. Mantaftt...!!! Akhirnya pekerjaan sudah dapat diselesaikan dengan baik.. tinggal menunggu esok hari untuk dilakukan testing & commissioning oleh Tim DCT dengan Tim CBI

Nah...

Ini Tim DCT dan CBI (sebagai pemilik kebun..) ada Mr. Untung, Saya (Heri), Tri, Oki, P Dedi, Ilham, Punggung Om Agung, Sm Punggung Mr. Misteriuss... Lupa itu siapa yang pake Topii :D.. hihihi syeremm..

Ini dia saat yang dinanti nantikan.. Comissioning bersama.. Mulai dengan pengecekan grounding harus dibawah 0.5 Ohm Lulus Banwith test radio PTP 100, Lulus.. Banwith test radio PTP 300, Lulus.. Pengecekan Solarcell System, Lulus.. Pengecekan Konstruksi Tower, Lulus... :D Terakhir kita makan Durian Bersama... hingga jam 11 Malam di tengah hutan hihihi... ngeri ngeri sedapppp... Lanjut dengan perjalanan menuju ke Kota Pangkalan Bun..

   
   

Akhirnya kami telah selesaikan pekerjaan tepat 2 hari menjelang Lebaran .. benar - benar bahagia perasaan kami, namun di sini muncul masalah baru.. Tiket sudah Fullbooked semuaa.. Alamakkk... alamat kagak bisa lebaran di kampong.. saya memilih terbang ke Surabaya biar lebih dekat dengan kampong halaman, dan temen - temen terbang ke Jakarta, Sama - sama kagak ada tiket sama sekali, mau naik kapal WADOOHHH... cuman sampe semarang, tapi itupun g ada jadwal dan lama pula nyampenya WADOHHH... Akhirnya dapat kabar dari P. Untung Kadep IT CBI, kalau ada pesawat tambahan besok ke Jakarta, nahh.. mulai ada secercah harapan dan NDLIALAHNYA sudah banyak yang pada antri dan tinggal 6 kursi.. untungnya kami hanya 5 Orang jadi bisa terangkut semua terbang ke Jakarta.. Alhamdulillah.. akhirnya Bye bye Pangkalan Bun.. sampai jumpa lagii.. hehehe...

Mission Complete!!

 

By: HS

Tags:

ProJects

CCTV LALIN MMS TAHAP 2

CCTV LALIN MMS TAHAP 2

Melanjutkan Proyek Kamera CCTV Lalu Lintas Tol MMS Tahap ke 2 kali ini saya dan team akan memasang kamera CCTV dengan merk ACTi tipe E44A....

Installasi Video Wall PT. Marga Mandalasakti

Installasi Video Wall PT. Marga Mandalasakti

Siang sobat DCT kali ini kita kembali akan bercerita tentang pengalaman kita setelah berhasil memasang Video wall yang berlokasi di Office Ciujung PT. Marga Mandalasakti....

Instalasi Tower dan Lightning Protection PT Rusli Vinilon Sakti

Instalasi Tower dan Lightning Protection PT Rusli Vinilon Sakti

Malam DCT'ers ketemu lagi dengan saya hehe. Sebelumnya saya sudah pernah memposting tentang Instalasi Fiber Optic yang berada pada PT Vinilon, kali ini kita kembali...

Instalasi Fiber Optic PT. Rusli Vinilon Sakti

Instalasi Fiber Optic PT. Rusli Vinilon Sakti

Halo para sobat DCT. Pada sebelumnya kita sudah pernah melakukan pemasangan lightning protection system pada PT vinilon yang di publikasikan oleh rekan saya mas wahid....

Instalasi Tower Triangel - Tiang Monopole - Solar Panel System - Grounding System - Lightning Protection di Tambang Batu Bara PT. PAMAPERSADA NUSANTARA

Instalasi Tower Triangel -  Tiang Monopole - Solar Panel System - Grounding System - Lightning Protection di Tambang Batu Bara PT. PAMAPERSADA NUSANTARA

Pada project kami kali ini berada di daerah Sumatra Selatan tepatnya di Kabupaten Muara Enim - Tanjung Enim di sebuah perusahaan pertambangan batu bara. Dengan...

Lightning Protection System di PT Rusli Vinilon Sakti

Lightning Protection System di PT Rusli Vinilon Sakti

PT Rusli Vinilon Sakti adalah perusahaan Produsen Pipa dengan pilihan banyak dan kualitas yang tinggi. Namun pabrik pipa yang terletak di daerah Cileungsi ini mempunyai...

Koneksi Kabel FO di Kapal Tanker Brotojoyo

Koneksi Kabel FO di Kapal Tanker Brotojoyo

Raja Ampat, Papua.. siapa yang tidak tahu Raja Ampat, kepulauan yang terletak di sebelah barat Provinsi Papua Barat Sorong dengan Keindahan dan Kelestarian Alamnya. Namun...

Kamera Pantau Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak PT Marga Mandalsakti

Kamera Pantau Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak PT Marga Mandalsakti

Hi DCTers, melanjutkan proyek yang sebelumnya di PT. Marga Mandalasakti yaitu Penggelaran Jaringan FO, kali ini kita diberi kesempatan untuk melakukan pemasangan Kamera Pantau Lalu...

Penggelaran Kabel FO di Tol Bitung-Merak

Penggelaran Kabel FO di Tol Bitung-Merak

Untuk klien lawas kami, PT Margamandala Sakti, kami menggelar kabel fiber optic (FO) mulai dari tol Bitung hingga ke Merak. Di kemudian hari, proyek jaringan...

Instalasi Tower Mini SST 40 Meter Di PT. Citra Borneo Indah Kalteng ("Langit Sebagai Atap dan Bumi Sebagai Lantainya...")

Instalasi Tower Mini SST 40 Meter Di PT. Citra Borneo Indah Kalteng ("Langit Sebagai Atap dan Bumi Sebagai Lantainya...")

PT. Citra Borneo Indah. Ya, CBI merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di Bidang Perkebunan Kelapa Sawit terkemuka yang dimiliki oleh Negeri ini, berlokasi di...

Instalasi Tower SST 52 M di PT Timah Unit Metalurgi Muntok Bangka Belitung

Instalasi Tower SST 52 M di PT Timah Unit Metalurgi Muntok Bangka Belitung

Dear All.. Kali ini Administrator ingin bercerita untuk project yang telah Selesai.. dan sekarang administrator akan membawa para Pembaca untuk Terbang ke Pulau penghasil Bijih...

Project Instalasi CCTV Camera dengan Infrastruktur Wireless di PT. Unilever Indonesia Tbk.

Project Instalasi CCTV Camera dengan Infrastruktur Wireless di PT. Unilever Indonesia Tbk.

Kali ini kami mengerjakan project instalasi Wirelss dan Instalasi Tiang Monopole untuk CCTV di PT. Unilever, Tbk (food factory) Jababeka, Cikarang Bekasi. Tim kami yang...

Our Customer

© 2004 - 2017 DCT Group Company