Instalasi Tower SST 52 M di PT Timah Unit Metalurgi Muntok Bangka Belitung

Dear All.. Kali ini Administrator ingin bercerita untuk project yang telah Selesai.. dan sekarang administrator akan membawa para Pembaca untuk Terbang ke Pulau penghasil Bijih Timah, ya tepatnya ada di PT. Timah (Persero) Tbk. Unit Metalurgi Timah Muntok Pulau Bangka - Prov. Bangka Belitung. Pekerjaan ini dilaksanakan Pada Bulan Maret 2012.

Kita coba mengingat ke belakang sejenak, pada masa Penjajahan Belanda kota Muntok adalah salah satu Kota Penting bagi Pemerintah Hindia Belanda kala itu karena memang menjadi sebuah Pulau dengan Penghasilan Tambang Biji Timah Darat terbesar di Dunia hingga sekarang, dan segala Infrastruktur mulai Tatakota, Zona Industri, Hunian Tempat Tinggal, Pusat Perdagangan, Pelabuhan, Jalan, Listrik, Drainase sudah dibangun dan direncanakan oleh tangan - tangan kreatif Bangsa Belanda. Namun saying saat ini apa yang telah didesain dan dirancang oleh Bangsa Belanda kala itu sudah mulai tidak beraturan.

Sekedar iformasi, di lokasi titik pekerjaan sangat dekat dengan bibir pantai, karena kebetulan Lokasi Pusat Peleburan Timah ini juga memang posisinya tepat di Bibir Pantai dengan areal yang luas termasuk perumahan bagi para pegawai Timah. Nah.. karena lokasinya yang sangat dekat dengan pantai maka.. dalam bayangan kami "CUACA" pasti sudah sangat tidak bersahabat untuk pekerjaan Outdoor. Dan ternyata dugaan kami betul, ditambah lagi cuaca yang tidak menentu ditambah angin laut yang kencang turut menyumbang hambatan pekerjaan..

Ok...

Sekarang kita masuk ke dalam proses Pendirian Tower SST 52 Meter yang telah kami rencanakan sebelumnya.. kita mulai dengan menganalisa sekitar lokasi mulai titik yang tepat (dengan menggunakan acuan hasil Soil Test sebelumnya) dan menganalisa potensi - potensi bahaya yang mungkin akan timbul selama masa pembangunan Tower tersebut. Sebelum memulai pekerjaan yang menjadi Point Penting adalah kita melakukan Safety Inductions yang dilaksanakan setiap akan memulai pekerjaan setiap hari dan pemeriksaan kondisi kesehatan setiap pekerja. Sebagai catatan bahwa kota ini merupakan Endemi Malaria, maka setiap pekerja yang bekerja dalam kurun waktu lebih dari 3 hari maka wajib diberi obat Anti Malaria, hal ini untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan pekerjaan.

 

Berikut adalah Landscape Areal yang akan kita bangun Tower SST 52 meter, dengan kondisi Tanah Asli dan hasil dari Soil Test kondisi Tanah merupakan lapisan Tanah keras, jadi ini sangat menguntungkan untuk proses pembuatan pondasi

 

 Pengelompokan Material Tower untuk memudahkan posisi pasang Baja Konstruksi

 

 

 Yang tidak kalah pentingnya adalah mengisolasi areal pekerjaan, untuk menginformasikan kepada orang lain bahwa Zona tersebut adalah Zona berbahaya dan wajib menggunakan APD

 

  

  

Setelah semua pekerjaan awal selesai dilaksanakan, kita memasuki pekerjaan sipil dengan memasang Bowplank pada titik yang telah ditentukan serta memulai pekerjaan penggalian pondasi tower secara manual, ditambah dengan Borepile untuk pancang Beton Pondasi.

 

Dan tidak lupa, Grounding System juga merupahakan hal penting yang harus dipersiapkan ketika sedang dilakukan pembuatan pondasi untuk mengintegrasikan antara podasi Tower, Body Tower, dan System grounding. Disini kita menggunakan Cooper Plate dan Cooper Rod sebagai material utama untuk Pentanahan.

  

Tahap selanjutnya adalah pekerjaan Pembesian, bisa dimulai dari titik terdalam yaitu Borepile, sebanyak 8 titik dan dilakukan pengecoran hingga pada posisi foot plate. Dilanjutkan dengan Pembuatan lantai kerja untuk pembesian Foot Plate dan pembesian Sloope.

 

Tahap Pengecoran :

Pada tahap ini kami lakukan pekerjaan secara terus menerus tanpa terpustus untuk memastikan kondisi coran dapat menyatu dengan baik, dengan mengacu pada standart mutu beton yang telah disepakati di awal.

 

Specimen untuk uji mutu beton yang akan dilakukan pengujian kualitas Mutu Beton di Dinas Pekerjaan Umum setempat pada proses pengecoran ini memang memakan waktu yang cukup lama terutama untuk memenuhi usia Beton yang harus mencapai 14 Hari setelah proses pengecoran.

 

Selanjutnya adalah melihat hasil Coran yang telah kering untuk dibuka bekistingnya setelah usia coran 4 hari, sambil menunggu coran kering, kami tidak ingin kehilangan banyak waktu yang tentunya akan berdampak pada operational cost yang sudah pasti bakal membengkak. Kami bisa melakukan pekerjaan pengecatan dasar Konstruksi Tower dengan Zincromat, meskipun konstruksi tower tersebut sudah dilapisi dengan Galvanis. Hal ini selain untuk memperpanjang usia Tower, juga dapat berfungsi mempermudah pengecatan Tower dengan warna Merah Putih.

 

Critical Instalations :

Berikut adalah tahapan kritis Proses Errections Tower, karena tahap ini adalah tahap dasar untuk menentukan Tower yang berdiri akan miring atau lurus, tahapan yang dimaksud adalah pemasangan Baseplate Tower.

 

Errections Tower :

Saat ini kita memasuki tahapan Errections Tower SST dengan mendirikan 4 tiang utama, setelah kita menunggu usia pondasi tower mencapai 14 Hari. Kami tidak ingin mengambil resiko memaksakan Instalasi tower ketika pondasi belum mencapai usia 14 Hari, karena kami khawatir dengan kondisi kerangka pondasi terjadi stress yang berlebihan, yang dapat berakibat terjadi retak atau bahkan patahan pada konstruksi pondasi.

 

Karena kelelahan kami menyempatkan diri bersama TIM untuk melakukan rehat setengah hari dengan menikmati keindahan salah satu sisi Kota Muntok. P Jasim (Baju merah) bersama Isnen (Baju kotak - kotak) sedang menikmati Senja di pelabuhan ikan berlatar belakan Kapal Hisap Timah milik perusahaan Thailand yang akan dijual ke PT. Timah.

 

 

 Nahh... ini adalah Complete Tim yang Instalasi Towerr sedang di Batu Kerang Raksasa yang ada di pinggiran Kota Muntok, (Satum tidak Nampak) soalnya lagi jadi juru fotoo.

 

Nahh.. ini tower sudah bisa berdiri meskipun hanya 1 Stage, namun ada kelegaan tersendiri pada diri seluruh Tim, Pekerjaan Instalasi Tower sudah ada progress. Tower tampak berwarna hijau pucat, karena tower tersebut dilapisi zincromat sebagai cat dasar yang kebetulan berwana hjau.

 

  

Wuiihhhh....

Sekarang tower tinggal beberapa meter lagi sampai pada ketinggian 52 Meter.. :D Ayoo ayoo Smangat...!! Semangat....!!!

 

Nahh..

ini adalah Pak Jasim yang orangnya kecil dan g mau diem.. dari pada cuman menunggu memasok Logistik untuk kebutuhan konstruksi tower dia lakukan sendiri pasang pagar BRC ('daripada nganggur') katanya.

 

Jreng-jreng...

Akhirnya tower bisa berdiri jugaa... :D Alhamdulillah, semua wajah temen - temen di lapangan tampak berseri - seri. Tinggal melakukan pekerjaan finishing, pengecatan tower, pemasangan lampu tower, Down Conductor, serta Electrical.

 

Pelapisan Gravel untuk areal tower, guna mencegah tumbuhnya rumput dan tetap mempertahankan areal tower tetap dalam kondisi yang bersih.

 

Final Inspections Oleh Team Leader, untuk memastikan seluruh kondisi konstruksi, pengecatan, pemasangan Lightning Protections, Lighting, dan Electrical Instalation berada dalam keadaan baik dan benar.

 

Pemasangan Panel untuk lampu tower dan Photocell

 

View Tower SST dari bawah, tampak kokoh

 

Papan Identitas Tower SST yang mengindikasikan Pemilik Tower, Kontraktor, Jenis Pondasi, dan Berat Tower keseluruhan

 

View Tower keseluruhan yang berhasil kami bangun untuk PT. Timah (Persero) Unit Metalurgi Muntok.

 

Berikut adalah Tim Comissioning dari PT. Timah (Persero) Tbk. bersama PIC Project dari PT. DCT Total Solutions Dan Alhamdulillah pekerjaan dapat kami selesaikan sesuai dengan waktunya, meskipun kami menemukan banyak kendala di lapangan...

Akhirnya kami dapat pulang ke Jakarta dengan Selamat dan Semangat..

Bye - bye Muntok, see you later..

 

By. Heri

 

 

 

 

ProJects

Instalasi Wireless Outdoor di PT. CITRA BORNEO INDAH - Pangkalan Bun Kalimantan Tengah

Instalasi Wireless Outdoor di PT. CITRA BORNEO INDAH - Pangkalan Bun Kalimantan Tengah

Untuk project pada kali ini kami mengerjakan project di perusahaan perkebunan sawit yang terletak di Kalimantan Tengah tepatnya di Kabupaten Lamandau – Melata. Project yang...

CCTV LALIN MMS TAHAP 2

CCTV LALIN MMS TAHAP 2

Melanjutkan Proyek Kamera CCTV Lalu Lintas Tol MMS Tahap ke 2 kali ini saya dan team akan memasang kamera CCTV dengan merk ACTi tipe E44A....

Installasi Video Wall PT. Marga Mandalasakti

Installasi Video Wall PT. Marga Mandalasakti

Siang sobat DCT kali ini kita kembali akan bercerita tentang pengalaman kita setelah berhasil memasang Video wall yang berlokasi di Office Ciujung PT. Marga Mandalasakti....

Instalasi Tower dan Lightning Protection PT Rusli Vinilon Sakti

Instalasi Tower dan Lightning Protection PT Rusli Vinilon Sakti

Malam DCT'ers ketemu lagi dengan saya hehe. Sebelumnya saya sudah pernah memposting tentang Instalasi Fiber Optic yang berada pada PT Vinilon, kali ini kita kembali...

Instalasi Fiber Optic PT. Rusli Vinilon Sakti

Instalasi Fiber Optic PT. Rusli Vinilon Sakti

Halo para sobat DCT. Pada sebelumnya kita sudah pernah melakukan pemasangan lightning protection system pada PT vinilon yang di publikasikan oleh rekan saya mas wahid....

Instalasi Tower Triangel - Tiang Monopole - Solar Panel System - Grounding System - Lightning Protection di Tambang Batu Bara PT. PAMAPERSADA NUSANTARA

Instalasi Tower Triangel -  Tiang Monopole - Solar Panel System - Grounding System - Lightning Protection di Tambang Batu Bara PT. PAMAPERSADA NUSANTARA

Pada project kami kali ini berada di daerah Sumatra Selatan tepatnya di Kabupaten Muara Enim - Tanjung Enim di sebuah perusahaan pertambangan batu bara. Dengan...

Lightning Protection System di PT Rusli Vinilon Sakti

Lightning Protection System di PT Rusli Vinilon Sakti

PT Rusli Vinilon Sakti adalah perusahaan Produsen Pipa dengan pilihan banyak dan kualitas yang tinggi. Namun pabrik pipa yang terletak di daerah Cileungsi ini mempunyai...

Koneksi Kabel FO di Kapal Tanker Brotojoyo

Koneksi Kabel FO di Kapal Tanker Brotojoyo

Raja Ampat, Papua.. siapa yang tidak tahu Raja Ampat, kepulauan yang terletak di sebelah barat Provinsi Papua Barat Sorong dengan Keindahan dan Kelestarian Alamnya. Namun...

Kamera Pantau Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak PT Marga Mandalsakti

Kamera Pantau Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak PT Marga Mandalsakti

Hi DCTers, melanjutkan proyek yang sebelumnya di PT. Marga Mandalasakti yaitu Penggelaran Jaringan FO, kali ini kita diberi kesempatan untuk melakukan pemasangan Kamera Pantau Lalu...

Penggelaran Kabel FO di Tol Bitung-Merak

Penggelaran Kabel FO di Tol Bitung-Merak

Untuk klien lawas kami, PT Margamandala Sakti, kami menggelar kabel fiber optic (FO) mulai dari tol Bitung hingga ke Merak. Di kemudian hari, proyek jaringan...

Instalasi Tower Mini SST 40 Meter Di PT. Citra Borneo Indah Kalteng ("Langit Sebagai Atap dan Bumi Sebagai Lantainya...")

Instalasi Tower Mini SST 40 Meter Di PT. Citra Borneo Indah Kalteng ("Langit Sebagai Atap dan Bumi Sebagai Lantainya...")

PT. Citra Borneo Indah. Ya, CBI merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di Bidang Perkebunan Kelapa Sawit terkemuka yang dimiliki oleh Negeri ini, berlokasi di...

Instalasi Tower SST 52 M di PT Timah Unit Metalurgi Muntok Bangka Belitung

Instalasi Tower SST 52 M di PT Timah Unit Metalurgi Muntok Bangka Belitung

Dear All.. Kali ini Administrator ingin bercerita untuk project yang telah Selesai.. dan sekarang administrator akan membawa para Pembaca untuk Terbang ke Pulau penghasil Bijih...

Our Customer

© 2004 - 2017 DCT Group Company