Pemasangan dan Langkah Cara Setting IP Camera

Pemasangan dan Langkah Cara Setting IP Camera

Mengutip wikipedia, IP camera atau internet protocol camera adalah jenis kamera video digital yang umumnya digunakan sebagai pengawasan. IP camera berbeda dengan CCTV, karena IP camera dapat mengirim dan menerima data melalui komputer dan internet.

Ada dua jenis IP camera, yaitu:

  • IP camera yang tersentralisasi

IP camera ini membutuhkan network video recorder (NVR) yang dapat menghandle video, dan mengatur alarm.

  • IP camera yang terdesentralisasi

IP camera ini tidak membutuhkan NVR, kameranya telah mempunyai fungsi perekaman built in dan dapat merekam secara langsung ke media penyimpanan standar seperti kartu SD, NAS (network-attached storage) atau komputer/server.

Pemasangan-dan-Langkah-Cara-Setting-IP-Camera

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk cara setting ip camera adalah:

  1. Setting IP address

            Penyetelan IP address meliputi kegiatan:

Pendeteksian IP camera.

Pendeteksian dilakukan sesuai dengan prosedur yang dimiliki oleh masing-masing IP camera. Pada umumnya, pendeteksian dapat dilakukan dengan menggunakan CD installer yang disediakan oleh produsen IP dengan mengoneksikan IP camera langsung ke PC atau laptop pengguna.

Penggantian IP address.

Setelah proses pendeteksian IP camera, maka pengguna akan memperoleh IP address pabrikan. Selanjutnya IP address dan tersebut diganti menjadi satu segmen dengan IP address lokal (dalam hal ini satu segmen dengan IP address modem). Pada umumnya IP address standar yang dipakai oleh pabrikan yaitu 192.168.1.xxx. Standar IP address modem yang dipakai adalah 192.168.1.1, dengan demikian kita bisa menggunakan IP address diluar yang telah dipakai oleh modem untuk digunakan di IP camera.

  1. Setting port number

Setelah proses pendeteksian IP camera, pengguna akan memperoleh port number pabrikan. Pada umumnya port number IP Camera yang dialokasikan oleh pabrikan adalah 80. Akan tetapi pada umumnya port number tersebut juga digunakan oleh modem. Untuk membedakan port number modem dengan IP Camera maka port tersebut harus diganti. Sebagai panduan dalam menentukan port number maka disarankan agar port number IP Camera berjumlah 4 digit. Contoh: 8080.

  1. Mengetes akses IP camera

Pengetesan akses IP camera lokal adalah pengetesan yang dilakukan di lokal jaringan untuk memastikan bahwa IP camera dapat diakses dengan menggunakan IP address yang telah diset pada IP Camera sebagaimana poin 1.1 dalam cara setting IP Camera. Adapun proses pengetesan ini dilakukan setelah proses pembuatan username dan password IP Camera. Username dan password tersebut nantinya berguna setiap akan koneksi ke IP Camera melalui IP publik dan pada saat integrasi dengan portal Speedy Monitoring.

Setelah seluruh proses cara setting ip camera dilakukan, kemudian lakukan akses ke IP Camera dari PC atau laptop dengan mengakses ke alamat IP address lengkap dengan port numbernya yang sudah dibuat di tahap sebelumnya dengan format http://ip_address:port_number/, sebagai contoh akses ke http://192.168.1.5:8080/.

Proses pengetesan akses ke Ip camera lokal dapat dinyatakan berhasil apabila muncul jendela untuk memasukkan usernama dan password IP Camera yang selanjutnya diikuti tampilan web browser IP Camera di layar PC/laptop kita.

Proses setting IP camera dapat dilihat detailnya pada produk IP camera yang dikeluarkan oleh pabrikan masing-masing.

Dalam memilih ip camera anda dapat memulainya dengan berdasarkan pada kebutuhan anda. IP camera ACTi menawarkan banyak solusi dan alternative yang sesuai untuk kebutuhan pengintaian anda mulai tugas ringan hingga tugas berat. Lebih lengkap mengenai IP Camera ACTi, anda dapat menghubungi kami.

BACA JUGA:

Cara Simpel Melakukan Instalasi IP Camera

Cara Membuat Sistem Keamanan Pada IP Camera

Di Balik Kesan User Friendly, Ip Camera Wifi Mudah Terkena Hack?

IP Camera Cloud, Kepentingannya dalam Dunia Bisnis

Meningkatkan kemampuan Ip Camera Mini yang Menggemaskan

>Artikel lainnya…

© 2004 - 2017 DCT Group Company