Di Balik Kesan User Friendly, Ip Camera Wifi Mudah Terkena Hack?

Di Balik Kesan User Friendly, Ip Camera Wifi Mudah Terkena Hack?

Sebuah fitur andalan pada kamera yang sedang digandrungi banyak orang adalah sebuah kamera dengan fitur wifi di dalamnya. Kamera yang mempunyai kemampuan untuk dapat terhubung dengan jaringan wifi ini dianggap unggul karena bersifat memudahkan pengguna untuk dapat membagikan foto atau video kepada teman dengan menggunakan jaringan wifi.

Pada beberapa kamera memungkinkan anda untuk dapat terhubung langsung ke aplikasi Facebook ataupun jaringan media sosial lainnya seperti Twitter dan Instagram. Banyak kamera dengan fitur wifi juga memberikan anda pilihan untuk mengunggah foto anda ke internet. Dengan menggunakan aplikasi “cloud” adalah salah satu ide bagus untuk memiliki salinan data dari komputer maupun kamera, karena cloud bersifat aman dari kebakaran atau bencana alam lainnya.

Ip camera (internet protocol camera) adalah sebuah kamera yang berfungsi sebagai pengawas atau pemantau lingkungan sekitar. Bisa dikatakan mempunyai fungsi yang sama dengan cctv. Namun perbedaan yang mencolok dari keduanya adalah ip camera menggunakan teknologi internet dan dianggap lebih efektif dan praktis daripada cctv.

Dalam perkembangannya, sebuah ip camera wifi telah didukung oleh beberapa fitur andalan seperti motion detection (pemantau situasi), audio, resolusi, night vision (infra red), dan wifi. Ip camera yang didukung dengan fitur wifi ini dianggap memudahkan penggunan dalam pengoperasiannya, dimana proses instalasi dapat menggunakan jaringan internet yang terdapat di rumah. Fitur wifi ini terdapat pada sebagian ip camera indoor maupun ip camera outdoor.

Di-Balik-Kesan-User-Friendly-Ip-Camera-Wifi-Mudah-Terkena-Hack

Ip camera outdoor wifi adalah kamera pemantau nirkabel yang penempatannya berada di luar ruangan yang tidak tertutup (outdoor), sehingga dapat terkena panas maupun hujan. Ip camera outdoor wifi ini dapat tersambung dengan internet tanpa memerlukan kabel. Sehingga dianggap lebih praktis dari wired ip camera outdoor. Perbedaannya dengan ip camera indoor hanya terletak pada pemasangannya, ip camera indoor wifi dipasang di dalam ruangan rumah.

Merk ip camera yang telah memiliki fitur wifi, untuk ip camera indoor diantaranya, ACTi, Vimtag 361 HD, Nest Cam, Arlo Wire-Free, Amcrest, D-Link DCS-932 L, ESCAM G02, Xiaomi MiJia 1080P. Sedangkan untuk ip camera outdoor adalah Uniden GC45S, Phylink Bullet HD, dan Zmodo ZM-W0007.

Ip camera wifi ini memiliki banyak keuntungan dan merupakan kamera pengawas wifi yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah maupun kantor karena harganya yang relatif lebih murah. Keuntungan lainnya adalah ukuran ip camera yang lebih kecil, dan proses instalasi yang lebih sederhana membuatnya mampu dilakukan oleh siapapun, selain itu ip camera dianggap user friendly karena proses pengoperasiannya mudah. Ip camera wifi juga dianggap lebih praktis karena tidak memerlukan kabel dan sudah digantikan dengan antena wifi.

Namun, ip camera wifi juga memiliki kelemahan diantaranya, karena ip camera wifi tersambung langsung ke jaringan internet membuat orang luar mudah melakukan tracking dan hacking. Terjadinya hilang sinyal juga sangat memungkinkan terjadi sehingga pemantauan anda terputus. Meskipun ip camera wifi ini bersifat nirkabel, akan tetapi tetap menggunakan minimal satu kabel yang berfungsi sebagai power supply agar dapat bekerja dengan baik, walaupun pada keluaran terbaru terdapat produk ip camera wifi yang dilengkapi dengan baterai sebagai pengganti kabel power supply.

BACA JUGA:

IP Camera Cloud, Kepentingannya dalam Dunia Bisnis

Meningkatkan kemampuan Ip Camera Mini yang Menggemaskan

IP Camera dan Autorized Distributor IP camera Jakarta

Mengenal Lebih Dekat IP CCTV ACTi Series

Parameter Pengukur Kualitas IP Camera

>Artikel lainnya…

© 2004 - 2017 DCT Group Company